EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN PKJI 2014 DAN SOFTWARE VISSIM 11 (Studi Kasus: Simpang Tak Bersinyal Jl. Mertojoyo – Jl. Joyo Utomo - Jl. Joyo Tambak Sari – Jl. Mertojoyo Selatan, Kota Malang, Jawa Timur)

Da Silva Godinho, Gilman (2023) EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN PKJI 2014 DAN SOFTWARE VISSIM 11 (Studi Kasus: Simpang Tak Bersinyal Jl. Mertojoyo – Jl. Joyo Utomo - Jl. Joyo Tambak Sari – Jl. Mertojoyo Selatan, Kota Malang, Jawa Timur). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
1621181_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (780kB)
[img] Text
1621181_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (393kB)
[img] Text
1621181_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1621181_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text
1621181_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1621181_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
1621181_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (568kB)
[img] Text
1621181_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
1621181_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (695kB)

Abstract

Persimpangan jalan adalah simpul dalam jaringan transportasi dimana dua atau lebih ruas jalan bertemu, disitu ada arus lalu lintas mengalami konflik. Sering terjadi permasalahan lalu lintas adalah daerah persimpangan. Maka hal ini disebabkan terhadap kenyamanan bagi masyarakat disekitarnya. Permasalahan ini disebabkan oleh semakin meningkatnya mobalitas dari mahasiswa yang tidak berimbang dengan sarana dan prasarana lalu lintas. Oleh karena itu, persimpangan merupakan aspek yang sangat penting dalam pengendalian arus lalu lintas. Permasalahan yang akan diteliti terjadi pada simpang Merjosari Kota Malang, Jawa Timur. Untuk menilai tingkat pelayanan pada simpang tersebut maka perlu dianalisis Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tundaan dan Peluang Antrian dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 Dan Software Vissim 11. Evaluasi simpang tak bersinyal ini bertujuan untuk menganalisis apakah simpang tersebut perlu ditingkatkan berdasarkan syarat PKJI 2014 dan software Vissim 11 yaitu apabila simpang tersebut melibihi syarat Derajat Kejenuhan (Dj) 0,85 maka simpang tersebut perlu dilakukan perubahan desain. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei di lapangan untuk mandapatkan data primer dan sekunder. Untuk medapatkan data primer maka dilakukan survei selama 3 hari yaitu Kamis 04 Mei, Sabtu 06 dan Senin 08 Mei 2023, dan untuk data sekunder akan didapatkan dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang. Analisa Kinerja simpang menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014 dan Vissim 11 untuk perhitungan derajat kejenuhan, antrian, dan tundaan. Untuk evaluasi tingkat pelayanan jalan atau kinerja simpang menggunakan Peraturan Menteri Perhubungan No. 96 tahun 2015. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa simpang memerlukan peningkatan kinerja simpang, dapat dilihat dari nilai derajat kejenuhan yang sudah melampaui batas standart yaitu dengan nilai derajat kejenuhan (Dj) = 1,283, peluang antrian atas 221,10 % dan peluang antrian bawah 67,74 % dan nilai tundaan sebesar 90,61 det/skr dengan tingkat pelayanan F pada hari Sabtu siang yang sudah melewati syarat minimal tingkat pelayanan untuk jalan Sekunder yaitu seminim-minimalnya C. Untuk solusi permasalahan tersebut maka akan dilakukan perencanan pemberlakuan aturan larangan belok kanan. Dari hasil perhitungan perencanan alternatif dengan Pemberlakuan Aturan Larangan Belok kanan didapatkan hasil derajat kejenuhan tertinggi 1.076 yang mana tingkat pelayanan adalah C yang sudah memenuhi tingkat pelayanan untuk jalan sekunder, untuk Tundaan maksimun yaitu 23,43 det/skr pada hari sabtu siang dan peluang antrian atas 150,24 % dan peluang antrian bawah 46,69 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gilman da Silva Godinho (1621181)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, simpang, derajat Kejenuhan, tundaan, peluang antrian, tingkat pelayanan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Gilman da Silva Godinho
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:53
Last Modified: 15 Sep 2023 03:53
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item