STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN RUAS JALAN SP NOA-GOLOWELU STA 15+375 - 17+664 KABUPATEN MANGGARAI BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Bei, Bonefasius Arnando (2023) STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN RUAS JALAN SP NOA-GOLOWELU STA 15+375 - 17+664 KABUPATEN MANGGARAI BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (383kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (24MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (286kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Bei Arnando Bonefasius, 2023, Studi Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Sp. Noa – Golowelu 15+375 – 17+664 Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Institut Teknologi Nasional Malang. Pembimbing : Dr. Ir. Nusa Sebayang, MT. dan Annur Ma’ruf, ST., MT. Jalan Sp. Noa-Golowelu merupakan akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Manggarai dan Manggarai Barat. Kondisi jalan yang kurang aman dan nyaman untuk dilintasi dikarenakan banyaknya tikungan tajam dan berdekatan. serta kerusakan aspal seperti lubang dan pengelupasan permukaan jalan yang sangat mempengaruhi Tingkat Pelayanan jalan. Serta adanya Surat Keputusan Gubernur NTT Nomor 256/KEP/HK/2017 tentang Penigkatan status dan fungsi jalan. Sehingga Diperlukan Peningkatan Jalan yang meliputi Geometrik, Perkerasan dan bangunan Pelengkap seperti Drainase. Data-data yang digunakan dalam Peningkatan Ruas Jalan yaitu data Sekunder, dimana data tersebut diambil dari Perusahaan yang terkait, Data Sekunder meliputi Data Topografi, LHR, CBR, Data curah hujan dan AHSP RAB Kabupaten Manggarai Barat 2022 dengan menggunakan acuan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 28/PRT/M2022. Metode yang digunakan dalam Perencanaan Peningkatan Ruas jalan mengacu pada Pedoman Geometrik Jalan Bina Marga nomor 20/SE/D/b/2021, Pedoman Metode Bina Marga Manual Desain Perkerasan Jalan (MDPJ) No.04/SE/Db/2017, dan Pedoman Drainase Jalan Bina Marga nomor 23/SE/Dd/2021. Hasil Perhitungan Perencanaan Peningkatan Ruas jalan Sp. Noa-Golowelu terkait dengan Pelayanan jalan umur rencana 20 tahun, maka digunakan Lebar jalan 7 m, dimana V20 sebesar 0.42 dengan Rasio Q/C = 0.20-0.44 dan termasuk lebar jalan Ideal. Desain Geometrik Alternatif 1, 2 dan 3 sudah memenuhi faktor keamanan dan kenyamanan ditinjau dari Faktor Ekonomis maka dipilih Alternatif 1 dengan Jumlah Alinyemen Horizontal PI sebanyak 15 tikungan Full Circle dan Spiral Circle Spiral dan Jumlah Alinyemen Vertikal Cembung Cekung sebanyak 9 buah. RAB Galian dan timbunan digunakan Alternatif pertama yaitu Volume Galian 30.528,07 m³ dan timbunan 19.218,53 m³ dikalikan dengan harga satuan Daerah maka didapatkan total pekerjaan Rp. 1.622.669.206. Tebal Perkerasan Lentur jalan baru (1 x 3.5 kanan kiri) yaitu AC WC = 4 cm, AC BC 6 cm, AC BASE 8 cm, LPA Kelas A = 30 cm, pada perkerasan Eksisting penambahan tebal lapis jalan (Overlay) dengan lebar jalan 2 m, AC WC = 4 cm, AC BC = 6 cm, AC BASE = 8 cm. Drainase dirancang menggunakan saluran pasangan batu kali berbentuk Trapesimum didapatkan Dimensi lebar saluran 0.60 m dan Tinggi Saluran 1.00 m. Besar biaya yang diperlukan untuk Total keseluruhan Pekerjaan sebesar Rp. 7.578.213.525 (Tujuh Milyar Lima Ratus Tujuh Puluh Delapan Juta Dua Ratus Tiga Belas Ribu Lima Ratus Dua Puluh Lima Rupiah) Kata Kunci : Volume Kapasitas Jalan, Perencanaan Geometrik Jalan, Perkerasan Lentur, Drainase Jalan, Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bonefasius Arnando Bei (1821067)
Uncontrolled Keywords: Volume Kapasitas Jalan, Perencanaan Geometrik Jalan, Perkerasan Lentur, Drainase Jalan, Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Unnamed user with username sipil
Date Deposited: 19 Sep 2023 04:36
Last Modified: 19 Sep 2023 04:36
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item View Item