RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN SKALA KECIL MENGGUNAKAN GENERATOR MAGNET PERMANEN 1 FASA FLUKS RADIAL DENGAN 2 STATOR 2 ROTOR

Wicaksosono, Rachmat (2023) RANCANG BANGUN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN SKALA KECIL MENGGUNAKAN GENERATOR MAGNET PERMANEN 1 FASA FLUKS RADIAL DENGAN 2 STATOR 2 ROTOR. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bag.Awal.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (141kB)

Abstract

Abstract−Generator merupakan sebuah alat untuk merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Radial Fluks Permanent Magnet Generator (RFPMG) satu fasa merupakan Generator magnet permanen yang memiliki arah fluks radial terhadap sumbu putar sehingga searah dengan arah putaran rotor. Dalam perencanaan ini menggunakan 2 generator dan setiap generator menggunakan 12 kutub magnet batang bertipe Neodynium-iron-boron NdFeB dengan tipe N35, Dalam perencanaan ini menggunakan kawat e–mail ukuran 0,45 dengan jumlah kumparan 12 buah dan jumlah lilitan setiap kumparan 195 lilitan. Perencanaan generator yang akan di rancang setiap generator akan menghasilkan tegangan 71,7 VAC dengan kecepatan putaran generator 500 rpm. Setelah generator tanpa beban di uji di lab keluaran yang di hasilkan tegangan generator 1 adalah 66,4 VAC sedangkan generator 2 adalah 65,4 VAC sedangan hasil pengujian generator Berbeban generator 1 menghasilkan tegangan 67,5 VAC dan Arus 90,7 mA, sedangkan generator 2 menghasilkan tegangan 65,7 VAC dan Arus 89,7 mA. Walaupun generator 1 dengan generator 2 memiliki spesifikasi yang sama namun mempunyai perbedaan tegangan yang di hasilkan. Pembangkit Listrik Tenagan Angin secara teknis mempunyai dua komponen utama yang sangat penting yaitu turbin dan generator. Turbin yang berperperan untuk memutar generator yang telah di kopel menggunakan belt antara pulley turbin dengan pulley generator. Dalam perencanaan pembuatan turbin kali ini menggunakan jenis turbin sumbu vertikal dengan tipe kincir Savonius yang memiliki 4 sudu yang setiap sudu nya memiliki panjang 1 meter dan lebar 0,5 meter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rachmat Dwi Wicaksono (1512014)
Uncontrolled Keywords: RFPMPG, Neodymium, PLTA, TurbinSavonius
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Rachmat dwi wicaksono
Date Deposited: 19 Sep 2023 07:24
Last Modified: 19 Sep 2023 07:24
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13165

Actions (login required)

View Item View Item