Identifikasi Urban Compactness Di Kota Malang

Yunus, Vivi Novianti H. (2018) Identifikasi Urban Compactness Di Kota Malang. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text (fulltext)
vivi.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL VIVI NOVIANTI H.Y 1424015.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (331kB)

Abstract

Kota Malang sebagai kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur merupakan pusat kegiatan ekonomi dan pusat pendidikan. Pertumbuhan penduduk kota malang diakibatkan oleh urbanisasi penduduk dari Kabupaten Malang dan ditambah dengan jumlah pelajar yang datang di Kota Malang. Fenomena ini memberikan keuntungan secara ekonomi namun kerugian yang ditimbulkan dari fenomena ini yaitu bertambahnya kebutuhan ruang untuk bertempat tinggal dan beraktivitas, sehingga Kota Malang tumbuh melebar mencakup seluruh area perkotaan (fenomena urban sprawl). Konsep perkotaan yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di Kota Malang yaitu dengan menerapkan konsep compact city, proses pertama dalam penerapan konsep yaitu mengukur urban compactness. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik urban compactness berdasarkan kondisi struktur ruang dan pola ruang dengan metode statistik dan komparatif deskriptif, selanjutnya menilai urban compactness yang terbentuk menggunakan metode skoring, dan yang terakhir menentukan nilai urban compactness berdasarkan nilai raltif dan kebutuhan pengembangan, untuk kesesuaian penerapan konsep compact city menggunakan metode skoring dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan karakteristik urban compactness di Kota Malang memiliki perbedaan karakteristik, sehingga nilai urban compactness di Kota Malang masuk dalam kategori rendah, analisis penilaian urban compactness berdasarkan nilai relative dilakukan untuk mencari kawasan yang siap untuk pengembangan kekompakan agar dapat sesuai untuk penerapan konsep compact city. Nilai urban compactness kekompakan terdiri dari nilai I berjumlah 12 kelurahan, nilai II berjumlah 34 kelurahan, dan nilai III berjumlah 11 kelurahan. Kebutuhan pengembangan yang diprioritaskan adalah pada nilai I dengan pengembangan struktur ruang dan pola ruang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Compact City, Urban Compactness
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Eddy Supriadi
Date Deposited: 11 Jan 2019 00:50
Last Modified: 06 Mar 2019 01:43
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item