PEMANFAATAAN CITRA SATELIT SENTINEL-2A UNTUK MENGIDENTIFIKASI LAHAN PERTANIAN GUNA MENGESTIMASI PRODUKSI PADI TAHUN 2020 DAN 2022 (STUDI KASUS : KABUPATEN LAMONGAN, PROV JATIM)

Manggala Yudha Saktia Ari Sena, Manggala (2023) PEMANFAATAAN CITRA SATELIT SENTINEL-2A UNTUK MENGIDENTIFIKASI LAHAN PERTANIAN GUNA MENGESTIMASI PRODUKSI PADI TAHUN 2020 DAN 2022 (STUDI KASUS : KABUPATEN LAMONGAN, PROV JATIM). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Beras merupakan salah satu sumber pangan pokok bagi kehidupan, khususnya bagi masyarakat Indonesia selain sagu, jagung dan singkong. Dalam peranannya sebagai komoditas pertanian yang paling dominan, tingkat permintaan atas beras sebagai kebutuhan pokok sangat tinggi.. Estimasi mengenai produktivitas dan produksi padi pun sangat diperlukan guna mengoptimalkan perencanaan penanaman yang tepat dan produksi padi yang maksimal untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Indonesia mempunyai banyak daerah yang berfungsi menjadi penyangga pangan nasional, salah satunya adalah Kabupaten Lammongan. Pengindraan jauh merupakan salah satu teknologi yang cocok untuk pengaplikasian estimasi produktivitas dan produksi padi di wilayah Kabupaten Lamongan. Teknologi ini memiliki keunggulan dalam pengolahan data dan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Penelitian ini menggunakan citra Sentinel-2A berbasis open source untuk pengolahan estimasi produktivitas padi. Pada citra Sentinel-2A multitemporal diterapkan algoritma NDVI (Normalized Difference Vegetation Index) dan EVI (Enhanced Vegetation Index) untuk mengetahui tingkat persebaran indeks vegetasi di Kabupaten Lamongan. Model persebaran nilai indeks vegetasi tersebut didasarkan pada analisis regresi untuk mendeskripsikan nilai produktivitas dan produksi padi. Hasil regresi linier sederhana didapatkan nilai produktivitas sebesar 7,6 ton/ha dan produksi sebesar 1,144,896 ton untuk perhitungan variabel EVI tahun 2020, untuk perhitungan variabel EVI tahun 2022 didapatkan nilai produktivitas sebesar 7.72 ton/ha dan produksi sebesar 697.596 ton. Sedangkan untuk perhitungan variabel NDVI tahun 2020 didapatkan nilai produktivitas sebesar 7.59 ton/ha dan produksi sebesar 1,181,655 ton. perhitungan variabel NDVI tahun 2022 didapatkan nilai produktivitas sebesar 7.75 ton/ha dan produksi sebesar 1.214.760.. Sehingga dapat diketahui bahwa dari 2 model estimasi produktivitas padi yang telah diperoleh, hasil estimasi yang hampir mendekati nilai produktivitas yang dikeluarkan oleh DKPP adalah model dengan variabel EVI dibandingkan dengan variabel NDVI .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Manggala Yudha Saktia Ari Sena
Uncontrolled Keywords: Citra Sentinel-2A, EVI, NDVI, Estimasi Produksi Padi
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Untuk Mahasiswa itn Malang
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:13
Last Modified: 02 Oct 2023 03:13
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13274

Actions (login required)

View Item View Item