Identifikasi Kebutuhan Sarana dan Prasarana Wisata Berdasarkan Persepsi Pengunjung di Pantai Sipelot Kabupaten Malang

Narendra, Wahyu (2018) Identifikasi Kebutuhan Sarana dan Prasarana Wisata Berdasarkan Persepsi Pengunjung di Pantai Sipelot Kabupaten Malang. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text (full text)
wahyu.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal Wahyu Narendra 1524901.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (307kB)

Abstract

Abstrak Kebutuhan perencanaan pariwisata alam yang sekarang ini telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat di berbagai lapisan. Sehingga dalam penangananya harus dilakukan dengan serius dan melibatkan pihak-pihak yang terkait. Ketersediaan sarana dan prasarana merupakan salah satu permasalahan yang sering ditemui pada pariwisata pesisir yang masih berkembang salah satunya adalah Pantai Sipelot Kabupaten Malang. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan sarana dan prasarana pariwisata berdasarkan pengunjung di Pantai Sipelot. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode acak dengan rumus penarikan jumlah sampel menggunakan rumus Taro Yamane. Metode analisa data yang digunakan adalah metode statistik deskriptif dan metode deskriptif kualitatif. Metode statistik deskriptif menguraikan kebutuhan sarana dan prasarana pariwisata berdasarkan pengunjung di lokasi penelitian, metodedeskriptif menguraikan potensi, masalah, dan rekomendasi penambahan sarana dan prasarana pariwisata di lokasi penelitian. Berdasarkan hasil analisa, ketersediaan sarana prasarana pariwisata di lokasi penelitian masih kurang. Untuk rekomendasi penambahan, terdapat beberapa penambahan dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang diterapkan di lokasi penelitian. Kata Kunci : Pariwisata, Ketersediaan, Sarana dan Prasarana, Persepsi Pengunjung, Pesisir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Ketersediaan, Sarana dan Prasarana, Persepsi Pengunjung, Pesisir
Subjects: Engineering > Area Planing Engineering (PWK)
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) S1 > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota (PWK)(Skripsi)
Depositing User: Mr Eddy Supriadi
Date Deposited: 09 Jan 2019 04:09
Last Modified: 06 Mar 2019 01:32
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item