ANALISA PENGARUH RUNNING ENGINE HOUR TERHADAP KELAYAKAN UMUR PAKAI MINYAK PELUMAS FULLY SYNTHENTIC SN 0W-20 BERDASARKAN VISKOSITAS KINEMATIK DAN TOTAL BASE NUMBER PADA SEPEDA MOTOR MATIK 110 CC

SIDQI RIZALDY, MUHAMMAD FATHONI (2023) ANALISA PENGARUH RUNNING ENGINE HOUR TERHADAP KELAYAKAN UMUR PAKAI MINYAK PELUMAS FULLY SYNTHENTIC SN 0W-20 BERDASARKAN VISKOSITAS KINEMATIK DAN TOTAL BASE NUMBER PADA SEPEDA MOTOR MATIK 110 CC. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2011903_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
2011903_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text
2011903_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
2011903_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
2011903_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
2011903_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
2011903_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (57kB)
[img] Text
2011903_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Selama ini untuk menentukan minyak pelumas sudah waktunya diganti atau belum pada sepeda motor masih berpedoman pada jarak tempuh misal (2000 km – 3000 km) padahal banyak sekali faktor yang menentukan kelayakan pakai suatu minyak pelumas pada sepeda motor seperti halnya running engine hour. Oleh karena itu untuk mengetahui nilai dari perngaruh running engine hour terhadap kelayakan umur pakai minyak pelumas FULLY SYNTHETIC SN 0W-20 pada sepeda motor matik. Dengan tujuan mengetahui kapan waktu melakukan perawatan motor khususnya dalam pelumasan. Dengan pengujian nilai viskositas dan TBN (total base number) di waktu 0 jam, 120 jam, dan 150 jam. Hasil pengujian memperlihatkan bahwa semakin panjang waktu yang ditempuh minyak pelumas mengalami penurunan viskositas kinematiknya dari 0 jam yaitu 50,34 cSt turun menjadi 48,97 cSt pada waktu 120 jam dan pada waktu 150 jam turun menjadi 48,89 cSt, dari waktu itu minyak pelumas tersebut belum mencapai 50% dari viskositas kinematik minyak pelumas yang baru. Total base number juga mengalami penurunan dari 0 km yaitu 7,66 mgKOH/g turun menjadi 7,6 mgKOH/g dan pada waktu 150 jam turun menjadi 7,58 mgKOH/g, pada waktu 150 jam nilai basanya masih diatas 2 mgKOH/g dan menurut perhitungan ektrapolasi viskositas kinematik akan kurang dari 50% dari viskositas baru saat waktu tempuh mencapai 9420 jam dan nilai basanya kurang dari 2 ketika jarak tempuh mencapai 8550 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: MUHAMMAD FATHONI SIDQI RIZALDY (2011903)
Uncontrolled Keywords: viskositas kinematik, total base number, jarak tempuh
Subjects: Engineering > Mechanical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin S1 > Teknik Mesin S1(Skripsi)
Depositing User: Muhammad Fathoni Sidqi Rizaldy
Date Deposited: 05 Oct 2023 05:30
Last Modified: 05 Oct 2023 05:30
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13321

Actions (login required)

View Item View Item