STUDI EVALUASI GEOMETRIK JALAN DAN RENCANA PERBAIKAN PADA RUAS JALAN AYAWASI-SISU KM 266,75 - KM 267,97 KABUPATEN MAYBRAT

Malonda, Putri Theresia (2023) STUDI EVALUASI GEOMETRIK JALAN DAN RENCANA PERBAIKAN PADA RUAS JALAN AYAWASI-SISU KM 266,75 - KM 267,97 KABUPATEN MAYBRAT. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1921064_BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)
[img] Text
1921064_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (854kB)
[img] Text
1921064_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1921064_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text
1921064_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1921064_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
1921064_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (524kB)
[img] Text
1921064_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
1921064_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (624kB)

Abstract

Ruas Jalan Ayawasi-Sisu Km 266,75 – Km 267,97 tergolong dalam daerah pegunungan yang dikelilingi oleh lembah dan memiliki kelandaian besar yang berpengaruh pada alinyemen vertikal, membuat lokasi studi rawan kecelakaan pada pengguna jalan dimana kendaraan yang bermuatan akan kehilangan tenaga ketika menanjak, atau berpotensi rem blong ketika di turunan. Dari hasil evaluasi, pada alinyemen vertikal didapat kelandaian rata-rata adalah 19,35% tidak memenuhi pedoman dari Bina Marga yaitu 8%. Didapat juga 21 lengkung vertikal tidak memenuhi. Dari hasil perbaikan pada alternatif 1,2 dan 3 dengan menggunakan metode galian dan timbunan, didapat kelandaian memenuhi. Akan tetapi, kondisi eksisting pada lokasi studi tidak bisa dan tidak memungkinkan untuk diperbaiki karena eksisting jalan yang dikelilingi oleh lembah dan tergolong daerah pegunungan, sehingga lokasi geometrik tidak mempunyai cukup lahan membuat lereng bertangga untuk melakukan pekerjaan galian dan timbunan dengan volume yang besar. Sehingga solusi untuk penanganannya adalah dengan memasang rambu-rambu lalu lintas, membatasi jenis serta berat kendaraan untuk melewati geometrik jalan, pemasangan guard rail atau pagar besi pengaman di bahu jalan dan membuat emergency safety area atau jalur penyelamat untuk mengarahkan kendaraan saat terjadi rem blong.. Kata kunci: Evaluasi Geometrik Jalan, Kelandaian Jalan, Galian dan Timbunan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Putri Theresia Malonda (1921064)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Geometrik, Keselamatan Jalan, Galian dan Timbunan
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Putri Theresia Malonda
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:07
Last Modified: 12 Oct 2023 06:07
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13383

Actions (login required)

View Item View Item