PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME PRIDE OF BATTLE

Baani, Muhmmad Khairul Huda Assya (2019) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME PRIDE OF BATTLE. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1518093-M Khairul Huda.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME PRIDE OF BATTLE Muhammad Khairul Huda Assya Baani Teknik Informatika ITN - Malang Email : babanstark@gmail.com Abstrak Game Pride of Battle adalah subgenre dari game jenis action role playing video games dan first person shooter yang dirancang menggunakan Unity Engine 5 dan AI (Artificial Inteligence) pada NPC (Non-Player Character) musuh menggunakan metode FSM (Finite State Machine). Game shooter adalah subgenre dari action game, yang biasanya menguji pemainnya dalam bereaksi terhadap sesuati aksi dan kejadian didalam game, sedangkan action role playing video games permainan tersebut berisikan serangan waktu yang nyata dengan pemain memiliki kontrol penuh terhadap karakter yang digunakan yang berbasis turn based (berbasis tombol). Pada penelitian ini FSM (Finite State Machine) logika penalaran yang memperlihatkan perilaku sistem dengan berdasarkan tiga hal, yaitu state (keadaan), event (kejadian), dan action (aksi). Fariabel aksi yang terdapat dalam musuh adalah idle, mengejar pemain dan menembak pemain. Didalam game Pride of Battle terdapat 3 level dimana masing-masing level pemain menggunakan karakter game yang berbeda dan menghadapi musuh yang berbeda-beda. Sedangkan pada masing-masing level pemain juga dituntut untuk menyelesaikan masing-masing misinya sesuai waktu yang telah ditentukan Berdasarkan pengujian fungsional, kontrol pemain AI pada NPC dapat bekerja dengan baik dalam memproses kondisi yang diberikan oleh pemain didalam game. Tombol-tombol pada menu utama dapat berfungsi dan sound juga FX effect pada game juga berfungsi dengan baik. Dari hasil pengujian yang dilakukan pada user didapatkan kesimpulan bahwa hasil persentasi pengujian dari 10 user dengan nilai 81,36% dan dinyatakan sangat menarik. Kata Kunci : Game, FSM, Action Role Playing Games , First Person Shooter Game

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Game, FSM, Action Role Playing Games , First Person Shooter Game
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ms Nunuk Yuli
Date Deposited: 07 Feb 2019 04:54
Last Modified: 13 Mar 2019 02:00
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item