TINGKAT KUALITAS PELAYANAN JASA MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL – FUZZY) (Studi Pada Puskesmas Tembelang)

Yudatama, Rafi (2016) TINGKAT KUALITAS PELAYANAN JASA MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL – FUZZY) (Studi Pada Puskesmas Tembelang). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1013009.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Puskesmas adalah salah satu sarana kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memiliki peran yang sangat strategis. Kualitas pelayanan jasa merupakan faktor terpenting bagi perusahaan yang bersangkutan, agar perusahaan dapat terus berdiri dan berkembang. Pada penelitian ini penulis melakukan analisis tingkat kualitas pelayanan jasa di Puskesmas Tembelang untuk mengetahui seberapa besar tingkat kualitas pelayanannya. Dengan menggunakan metode servqual (service quality)-Fuzzy ini untuk mengetahui tingkat kualitas yang diberikan pihak Puskesmas terhadap pelanggan, Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner persepsi dan harapan pelanggan terhadap pelayanan. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai gap antara persepsi dan harapan pelanggan sebagai indeks pelanggan adalah sebesar -0,22. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan pengguna jasa pelayanan di Puskesmas Tembelang terhadap pelayanan yang saat ini diberikan masih belum memenuhi harapan pelanggan. Untuk meningkatkan pelayanan jasa Puskesmas Tembelang dengan menggunakan metode servqual - fuzzy, maka pihak puskesmas memerlukan perbaikan atribut dan peningkatan kualitas pelayanan yang menjadi prioritas utama yaitu D1 (Bertanggung jawab apabila terjadi kesalahan pada hasil kinerja medis)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Service, Fuzzy, Service Quality, Fuzzy Servqual, Persepsi dan Harapan
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi)
Depositing User: Mr Sayekti Aditya Endra
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:01
Last Modified: 03 Dec 2025 07:17
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13598

Actions (login required)

View Item View Item