Miharjo, Wendelinus (2023) STUDI PERENCANAAN PENINGKATAN RUAS JALAN SP. GORONTALO - NANGANAE STA. 0+000 km 3+000 km KABUPATEN MANGGARAI BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Ruas Jalan Sp. Gorontalo – Nanganae merupakan salah satu jalan yang ada di Kanputen Manggarai Barat yang mendapat peningkatan dari jalan Kabupaten menjadi jalan Starategis Kabupaten peningkatan bertujuan untuk memberikan kelancaran bagi penguna jalan, dan kenyamanan. Ruas Jalan tersebut juga mengalami kerusakan serta tikungan jalan yang terlalu tajam sehinga butuh perbaikan. Data yang digunakan dalam perencanaan peningkatan kapasitas ruas jalan adalah data sekunder yaitu data peta jaringan jalan, kordinat lokasi, CBR, LHR. dan RAB. Metode yang digunakan yaitu Pedoman Geometrik Jalan Bina marga tahun 2021, manual desain Perkerasan (MDP) Tahun 2017 dan perhitungan rencana anggaran biaya mengacu AHSP tahun 2022 Hasil perhitungan Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan SP. Gorontalo- Nangane dengan Lebar 7meter dan panjang jalan 3000 m, dengan rata -rata kelandaian medan 8%, maka termasuk jenis medan datar. Pada ruas Jalan SP. Gorontalo-Nanganae di coba 3 Alternatif. Dari ketiga alternatif tersebut di pakai alternati 1 dimana pemilihan alternatif tersebut berdasarkan pertimbangan memenuhi faktor Ekonomi, keamanan dan keyamanan dan salah satunya adalah melihat perbandingan RAB antara Alternatif 1,2 dan 3 dari perbandingan itu di pakai alternatif 1 dengan RAB yang paling kecil sebesar Rp 3.857.643.259,60 sedangkan untuk Lengkung Horisontal dengan P1 sebanyak 9 tikungan dimana 6 tikungan Full Circle (FC) ,Spiral Circle Spiral (SCS) 3 tikungan dan lengkung cembung 4 cembung dan cekung sebanyak 2. Dan untuk volume galian sebesar 23,622 m3 sedangkan timbunan sebesar 22,648 m3, sedangkan biaya galian sebesar Rp377.746.846,29 biaya timbunan sebesar Rp1.089.322.376,19. Total keseluruan Biaya Alternatif 1 sebesar Rp1.613.776.144,74. Tebal perkerasan lentur dengan umur rencana 20 tahun menunjuhkan bahwa pada jalan baru (pelebaran) 2 m (1 x 2 kiri kanan) yaitu : AC-WC = 40 mm, AC-BC = 60 mm, AC-Base = 80 mm, LFA = 300 mm LFB = 100 mm. pada perkerasaan eksisting perlu penambahan tebal lapis jalan (Overlay) dengan lebar jalan 5 m dengan lapis tambah AC-WC = 40 mm, AC-BC = 60 mm, AC-Base 80 mm. Total keseluruan Biaya Konstruksi Ruas Jalan SP. Gorontalo s/d Nanganae STA. 0,000-3,000 m, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur Sebesar Rp5.101.424.155,00 (Lima Milyar Seratus Satu Juta Empat Ratus Dua Puluh Empat Ribu Seratus Lima Puluh Lima Rupiah)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Wendelinus Miharjo (1821010) |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Geometrik Jalan, Perkerasan Lentur, Rencana Anggaran Biaya |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | WENDELINUS MIHARJO |
Date Deposited: | 14 Nov 2023 06:31 |
Last Modified: | 14 Nov 2023 06:31 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13829 |
Actions (login required)
View Item |