Bachri, Syaiful (2023) Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Bersinyal Yang Berdekatan Menggunakan Metode PKJI 2014 dan Sofware Vissim (Studi Kasus Simpang Jl. Borobudur dan Simpang Jl. L. A. Sucipto, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur). Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi dan sulit terpecahkan dalam bidang transportasi jalur darat yaitu kemacetan arus lalu lintas. Yang terjadi salah satunya di Kota Malang contohnya pada dua persimpangan yang lokasinya berdekatan yaitu persimpangan Jl. Borobudur dan persimpangan Jl. Laksda Adi Sucipto yang merupakan jalan utama Kota Malang yang berperan sebagai akses dengan sebagian kota – kota di sekitar Kota Malang. Di simpang berdekatan permasalahan kemacetan yang terjadi pada umumnya disebabkan siklus traffic light, padatnya transportasi yang melewati simpang tersebut sehingga menyebabkan adanya tundaan dan antrian di ruas jalan masing – masing. Perlu dilakukan peningkatan kinerja simpang yang berdekatan tersebut dengan cara perhitungan, analisa, dan pemodelan baru sehingga didapat solusi alternatif perbaikan kinerja simpang . Analisis dan perhitungan yang dilakukan menggunakan metode PKJI 2014 dan pemodelan VISSIM. Hasil dari perhitungan dan analisa menggunakan metode PKJI 2014 didapat tingkat pelayanan kedua simpang yang berdekatan yaitu Simpang Jl. Borobudur D dan Simpang Jl. L. A. Sucipto E. Dengan nilai DJ maksimum 0,932 pada Simpang Jl. Borobudur dan 0,935 pada Simpang Jl. L. A. Sucipto. Nilai PA maksimum 196,301 m pada Simpang Jl. Borobudur dan 350,432 m pada Simpang Jl. L. A. Sucipto. Dan nilai T rata – rata 36,094 skr/det pada Simpang Jl. Borobudur dan 46,783 skr/det pada Simpang Jl. L. A. Sucipto. Hasil analisa menggunakan Vissim didapat tingkat pelayanan pada kedua simpang yang berdekatan yaitu Simpang Jl. Borobudur D dan Simpang Jl. L. A. Sucipto E. Nilai PA maksimum 243,703 m pada Simpang Jl. Borobudur dan 136,609 m pada Simpang Jl. L. A. Sucipto. Dan nilai T rata – rata maksimum 138,239 skr/det pada Simpang Jl. Borobudur dan 123,643 skr/det pada Simpang Jl. L. A. Sucipto. Setelah dilakukan beberapa perencanaan alternatif perbaikan kinerja pada simpang yang berdekatan yaitu Alternatif 1 Optimasi Waktu Sinyal Eksisting, Alternatif 2 Pelebaran Jalan, dan Alternatif 3 Koordinasi sinyal, masih belum mendapatkan hasil yang efektif sehingga harus mencari solusi alternatif lain agar kinerja simpang menjadi optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Syaiful Bachri (1621098) |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Simpang, Simpang Bersinyal, PKJI 2014, PTV VISSIM 11 |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Syaiful Bachri |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 00:36 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 00:36 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13853 |
Actions (login required)
View Item |