STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN BOX GIRDER PRESTRESSED PADA JEMBATAN PETUK KUPANG – NTT

Islamiaty, Norma Julia Farah (2024) STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN BOX GIRDER PRESTRESSED PADA JEMBATAN PETUK KUPANG – NTT. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1821163_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
1821163_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
1821163_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
1821163_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
1821163_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
1821163_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
1821163_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
1821163_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan petuk menghubungkan Kelurahan Kolhua, dan Kelurahan Naimata, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, jembatan ini merupakan salah satu akses lalu lintas ke Pelabuhan Tenau, maupun ke sejumlah kabupaten di daratan Timor Barat, yakni Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu dan Malaka. Jembatan ini telah dibangun dengan tipe precast prestresed girder T shape, memiliki bentang sepanjang 320 meter dan lebar 17 meter juga di topang sebanyak 5 pilar beton dibawahnya. Pada alternative perencanaan jembatan petuk menggunakan penampang box girder prategang dan mengurangi pilar sehingga didapat bentang yang lebih panjang di setiap bentangnya. Analisa statika menggunakan statis tertentu dan metode pelaksanaan secara segmental untuk mendapatkan section properties dari penampang box girder. Peraturan yang penyusun gunakan dalam perhitungan adalah SNI 1725-2016, SNI 2847-2019. Materi pembahasan meliputi perencanaan tata letak tendon, kehilangan gaya prategang, kontrol tegangan dan lendutan, penulangan box girder-geser, dan endblock. Kabel prategang yang digunakan adalah tendon VSL type GC Grade 270, berdasarkan pren 10138-3-2006 type Y17007G dengan tipe 6-37 unit. Hasil yang diperoleh dari perencanaan box girder prategang ialah, digunakan 38 segmental untuk satu bentang yang terbagi menjadi 3 jenis segmen yaitu segmen tumpuan, segmen deviator, dan segmen strandar. Menggunakan 16 buah tendon VSL tipe GC dengan 37 strand tiap tendon. Adapun total kehilangan prategang yang terjadi sebesar 18,4 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Norma Julia Farah Islamiaty (1821163)
Uncontrolled Keywords: Box Girder Prestressed, Beton Prategang, Tendon VSL
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Norma Julia Farah Islamiaty
Date Deposited: 12 Jan 2024 04:45
Last Modified: 12 Jan 2024 04:45
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/13988

Actions (login required)

View Item View Item