Penjadwalan ulang terhadap mesin pompa distribusi air menggunakan metode Preventive Maintenance (Studi Kasus Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)

Ilma Nur Halisa, Zidni (2024) Penjadwalan ulang terhadap mesin pompa distribusi air menggunakan metode Preventive Maintenance (Studi Kasus Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2013042_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (851kB)
[img] Text
2013042_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (253kB)
[img] Text
2013042_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
2013042_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
2013042_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
2013042_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
2013042_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (93kB)
[img] Text
2013042_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2013042_Jurnal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (948kB)

Abstract

Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang mendistribusikan air kepada masyarakat secara terus menerus selama 24 jam dengan bantuan mesin pompa distribusi air. Dari hasil wawancara didapatkan data kerusakan mesin pompa sebanyak 10 kali dalam kurun waktu 1 (satu) tahun di Wendit 1, hal ini dikarenakan perawatan mesin yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini membuat penjadwalan perawatan yang baru pada mesin pompa distribusi air di Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang menggunakan metode Preventive Maintenance dengan pendekatan Mean Time Between Failure (MTBF) dan Mean Time To Repair (MTTR) untuk memecahkan permasalahan penjadwalan perawatan pada mesin. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan nilai rata-rata MTBF 4730,4 jam, MTTR 204,93 jam dan Availability didapatkan 76% dan standar mesin bekerja secara optimal adalah 80%. Maka mesin pompa belum bekerja secara optimal dan efektif berdasarkan jadwal perawatan dari perusahaan. Berdasarkan hasil wawancara dan perhitungan serta analisis data, diperoleh 2 saran untuk penjadwalan perawatan yang baru pada mesin pompa distribusi air. Untuk hasil wawancara mesin atau komponen yang mengalami corrective maintenance, dilakukan schedule preventive maintenance tiap 13 hari sekali, sedangkan hasil perhitungan data dilakukan tiap 1,3 bulan sekali. Mesin atau komponen yang mengalami breakdown maintenance dilakukan schedule peventive maintenance tiap 7 hari sekali. Rekomendasi penjadwalan perawatan mesin yang baru dapat dilakukan dengan menerapkan SOP perawatan mesin di Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zidni Ilma Nur Halisa (2013042)
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Perawatan Mesin Pompa Distribusi Air, Preventive Maintenance (MTBF dan MTTR), Standar Operasional Prosedur (SOP)
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi)
Depositing User: Zidni Ilma Nur Halisa
Date Deposited: 15 Feb 2024 04:43
Last Modified: 15 Feb 2024 04:43
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14076

Actions (login required)

View Item View Item