Nugroho, Bagos Adi (2024) ANALISIS SWOT DAN MARKETING MIX PADA PRODUK KERIPIK TALAS MENTARI-KOE. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Bagos Adi Nugroho, Program Studi Teknik Industri S-1, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Nasional Malang, Januari 2024, Analisis SWOT dan marketing Mix (4P) Pada Produk Keripik Talas Mentari-Koe. Dosen Pembimbing: Ir. ST. Salmia L.A, MT dan Drs. Sumanto, M.Si UMKM Mentari-Koe adalah salah satu UMKM produsen keripik talas yang terletak di Selokurung, Desa Kaumrejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan telah berdiri sejak tahun 2016. Permasalahan yang dihadapi adalah sering tidak mencapai target penjualan dan adanya persaingan sesama produsen keripik talas yang masih satu kecamatan dan pesaing memiliki penjualan yang lebih banyak daripada UMKM MentariKoe. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor serta letak kuadran dan strategi pemasaran marketing mix (4P) pada UMKM Mentari-Koe Penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu Analisis SWOT dan Analisis Marketing Mix. Analisis SWOT dikatakan sangat bagus karena memaksimalkan faktor-faktor kekuatan dan pemanfaatan peluang yang akhirnya dapat menekan kelemahan serta ancaman yang timbul dan harus dihadapi. Analisis Marketing Mix merupakan satu perangkat yang terdiri dari produk, harga promosi dan distribusi, yang didalamnya akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran dan semua itu ditujukan untuk mendapatkan respon yang diinginkan dari pasar sasaran. Untuk Analisis SWOT dilakukan penyebaran kuisioner yang dimana hasil kuisioner tersebut kemudian akan dilakukan pengujian data menggunakan SPSS jika data valid dan reliabel maka data dapat dikerjakan sesuai dengan metode Analisis SWOT. Analisis Marketing Mix dilakukan dengan melakukan wawancara kepada pemilik UMKM Mentari-Koe dan dapat hasil Analisis SWOT dapat dijadikan acuan atau masukan. Hasil Penilitian yang dilakukan adalah UMKM Mentari-Koe terdapat pada kuadran II. Kuadran II yang berarti UMKM menghadapi berbagai ancaman akan tetapi masih memiliki kekuatan dari segi internal. Maka, strategi yang sesuai dengan kuadran II adalah S.T (Strenghts-Opportunities). Untuk faktor produk (product) memiliki 2 jenis keripik, harga (price) walaupun lebih mahal pihak agen tetap merasa puas dengan produk, tempat (place) kurang strategis karena jauh dari keramaian dan jalan besar dan promosi (promotion) dilakukan secara langsung ke agen serta terdapat peluang untuk mempromosikan dan menjual di e-commerce. Kata kunci : Analisis SWOT, Marketing Mix, Strategi dan bauran pemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Bagos Adi Nugroho (2013013) |
Uncontrolled Keywords: | Analisis SWOT, Marketing Mix, Strategi dan bauran pemasaran |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi) |
Depositing User: | Bagos Adi Nugroho |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 07:31 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 07:31 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14096 |
Actions (login required)
View Item |