PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DALAM PERINGATAN DINI RESIKO KEGAGALAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS: SMP NEGERI 2 MALANG)

Nurul Alifia, Anisa (2024) PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING DALAM PERINGATAN DINI RESIKO KEGAGALAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS: SMP NEGERI 2 MALANG). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2018084_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (903kB)
[img] Text
2018084_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (426kB)
[img] Text
2018084_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (588kB) | Request a copy
[img] Text
2018084_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2018084_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2018084_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
2018084_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (465kB)
[img] Text
2018084_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
2018084_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Indonesia memiliki peran krusial dalam perkembangan siswa di Indonesia, dan kegagalan siswa dalam mata pelajaran ini dapat memiliki dampak jangka panjang. Beberapa alasan umum pemilihan mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam penelitian ini melibatkan aspek yang befokus pada kemampuan siswa siswi berdasarkan hasil nilai tugas, ulangan, dan semester. Selain itu, ketersediaan data nilai atau performa siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang lengkap dan tersedia dapat menjadi faktor pertimbangan yang sangat penting. Karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan algoritma K-Means Clustering untuk memberikan peringatan dini terhadap risiko kegagalan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan penelitian ini berfokus pada studi kasus di SMP Negeri 2 Malang. Algoritma K-Means Clustering dikenal sebagai sebuah metode yang efektif untuk mengelompokkan data menjadi kelompok-kelompok dengan ciri-ciri yang serupa. Berdasarkan hasil pengujian metode K-Means Clustering, dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan dalam perhitungan manual menggunakan Microsoft Excel dan metode yang terdapat dalam sistem telah mencapai tingkat kesesuaian sebesar 100% dengan harapan sistem.Kemudian, didapatkan hasil sistem dengan hasil guru didapatkan hasil, untuk kelas 8A memiliki hasil yang sama sebesar 57.14%, kelas 8B 71.43 %, kelas 8C 55.56 %, dan kelas 8D 58.33 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Anisa Nurul Alifia (2018084)
Uncontrolled Keywords: k-means, clustering, centroid, iterasi, resiko gagal
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Anisa Nurul Alifia
Date Deposited: 20 Feb 2024 04:56
Last Modified: 20 Feb 2024 04:56
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14120

Actions (login required)

View Item View Item