PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME 2D “ADVENTURE OF RUVY FOX” BERBASIS ANDROID

Rohmah, Iva Roudhotul (2024) PENERAPAN METODE FINITE STATE MACHINE PADA GAME 2D “ADVENTURE OF RUVY FOX” BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2018113_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (597kB)
[img] Text
2018113_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (79kB)
[img] Text
2018113_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
2018113_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2018113_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
2018113_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8kB) | Request a copy
[img] Text
2018113_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (74kB)
[img] Text
2018113_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2018113_JURNAL JATI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (623kB)

Abstract

Perkembangan teknologi komputer yang pesat telah mengubah industri permainan komputer, menawarkan pengalaman game yang lebih interaktif seperti Pets Adventure. Meskipun game ini sudah diunduh lebih dari 5000 kali, masih terdapat tantangan dalam hal respons musuh terhadap pemain dan variasi misi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan metode Finite State Machine (FSM) pada perancangan Adventure of Ruvy Fox, sebuah game side-scrolling yang menampilkan petualangan rubah melawan monster untuk menjaga keseimbangan alam. Berdasarkan perancangan dan pembuatan game Adventure of Ruvy Fox sukses mengimplementasikan metode Finite State Machine (FSM) pada karakter pemain dan musuh. Hasil pengujian menyatakan tingkat keberhasilan 100% untuk seluruh aspek permainan, termasuk pemain, musuh seperti jamur, tikus, dan landak, serta kondisi musuh Dino. Fungsi FSM pada pemain dan musuh beroperasi sesuai dengan yang diinginkan dalam berbagai situasi. Uji kegunaan dengan 27 responden menunjukkan skor System Usability Scale (SUS) sebesar 68,79 dengan kategori “Ok” atau C, menandakan bahwa game ini dapat dianggap dapat digunakan dengan baik oleh pemain. Pengujian black box juga menunjukkan keberhasilan 100% untuk semua menu yang ada. Pengembangan yang disarankan adalah menambah fitur multiplayer, animasi pada layar cutscene, dan pemanfaatan koin dalam permainan menjadi potensi tambahan yang dapat meningkatkan daya tarik dan pengalaman bermain game secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Iva Roudhotul Rohmah (2018113)
Uncontrolled Keywords: finite state machine, game pets adventure, adventure of ruvy fox, usability scale, kecerdasan buatan game
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Iva Roudhotul Rohmah
Date Deposited: 20 Feb 2024 05:48
Last Modified: 20 Feb 2024 05:48
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14121

Actions (login required)

View Item View Item