STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN BANDAR NGALIM, KOTA KEDIRI MENGGUNAKAN PELENGKUNG PIPA BAJA (THROUGH ARCH BRIDGE)

Kawiswara, Bagas Aji (2024) STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN BANDAR NGALIM, KOTA KEDIRI MENGGUNAKAN PELENGKUNG PIPA BAJA (THROUGH ARCH BRIDGE). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1921008_BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
1921008_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (532kB)
[img] Text
1921008_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1921008_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1921008_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
1921008_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
1921008_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (352kB)
[img] Text
1921008_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (43MB) | Request a copy
[img] Text
1921008_JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan Bandar Ngalim didirikan pada tahun 1973 dengan menggunakan tipe Callender Hamilton (CH). Dikutip dari website radarkediri.jawapos.com, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Kediri Ferry Djatmiko menjelaskan jembatan ini mulai overload dimana Volume Capacity Ratio (VCR) Jembatan Bandar Ngalim berada diatas 0,5 hingga 1. Sementara untuk angka ideal VCR jembatan berada di bawah 0,5. Pada penyusunan tugas akhir ini dicoba melakukan alternatif perencanaan untuk struktur atas Jembatan Bandar Ngalim menggunakan tipe pelengkung. Data awal yang didapat untuk melakukan perencanaan meliputi panjang total jembatan 142 meter dan lebar jembatan 9 meter. Direncanakan ulang untuk lebar lantai kendaraan menjadi 13 m sehingga menjadi 4 lajur. Metode yang digunakan pada studi alternatif perencanaan ini adalah metode Desain Faktor Beban dan Ketahanan (DFBT) dan menggunakan program bantu SAP2000 v22. Dari hasil analisa untuk alternatif perencanaan ini didapatkan struktur atas jembatan untuk pelat lantai menggunakan tulangan pokok D16-100 mm dan tulangan bagi D10-200 mm serta menggunakan steel deck, gelagar memanjang menggunakan BOKS 500 × 300 × 12 × 12, gelagar melintang menggunakan BOKS 1200 × 700 × 35 × 35, gelagar induk memanjang tepi menggunakan BOKS 1200 × 800 × 30 × 30, gelagar induk pelengkung menggunakan PIPA Ø 2000 × 35, gelagar melintang atas menggunakan PIPA Ø 700 × 20, ikatan angin atas menggunakan PIPA Ø 350 × 15, ikatan angin bawah menggunakan L 250 × 250 × 25, kabel penggantung menggunakan Macalloy M76, perletakan elastomer menggnakan ukuran 500 × 500 × 155, perletakan base plate menggunakan ukuran 2800 × 2800 × 40.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bagas Aji Kawiswara (1921008)
Uncontrolled Keywords: Jembatan, Jembatan Pelengkung, Pipa Baja, Struktur Atas Through Arch Bridge
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Bagas Aji Kawiswara
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:57
Last Modified: 26 Feb 2024 01:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14143

Actions (login required)

View Item View Item