ANALISIS MONITORING DEFORMASI JEMBATAN MENGGUNAKAN SURVEI GNSS (Studi Kasus: Jembatan Tunggulmas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)

Yodha, Adhitya Putra Mahatva (2024) ANALISIS MONITORING DEFORMASI JEMBATAN MENGGUNAKAN SURVEI GNSS (Studi Kasus: Jembatan Tunggulmas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (192kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (396kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan Tunggulmas merupakan akses utama penghubung Kelurahan Tunggulwulung dan Kelurahan Tlogomas. Karena berada di pusat Kota Malang, jembatan ini tak pernah sepi kendaraan. Sehingga jembatan tersebut harus selalu mendapat perhatian agar kualitasnya terjaga dan tidak membahayakan pengguna jalan untuk masa mendatang. Dalam penelitian ini menggunakan data pengamatan GPS Geodetik dengan metode jaring. Dari hasil monitoring deformasi pada Jembatan Tunggulmas memiliki perubahan nilai disetiap titiknya. Hasil chi square test dengan tingkat kepercayaan 95% dengan keterangan “Passed” yang berarti data pengamatan GPS sudah tidak mengandung kesalahan acak. Dari pengamatan yang dilakukan menggunakan GPS Statik dengan rentang waktu 2 bulan dalam 4 kali pengamatan dengan waktu pengamatan ± 3 jam menghasilkan terjadinya perubahan horizontal pada ke 3 titik pantau. Berdasarkan hasil perhitungan matematis yang diperoleh dari analisis vektor pergeseran nilai yang dianggap bergeser yaitu melebihi nilai standar deviasi yang telah ditentukan dari masing-masing titik. pada epoch 1-2 semua titik X dan Y tidak mengalami pergeseran yang signifikan dan tidak terjadi deformasi. Pada epoch 1-3 sumbu X tidak ada pergeseran namun pada sumbu Y semua titik mengalami pergeseran sebesar (0.013), (0.022), (0.020). Pada epoch 1-4 hanya sumbu Y pada point 2 yang bergeser sebesar (0.024) dan dititik yang lainya tidak mengalami pergeseran. Hasil report dari uji distribusi F pada tiga titik pantau yang berada di jembatan tidak terjadi perbedaan yang signifikan jika nilai F hitung < F tabel maka maka nilai diterima, untuk rentang nilai dari keseluruhan epoch F hitung 1.316 - 4.737 sedangkan nilai F tabel yang di dapatkan 7.209.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Adhitya Putra Mahatva Yodha (1925010)
Uncontrolled Keywords: Deformasi, GPS, Uji Statistik, Vektor Pergeseran
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Adhitya Putra Mahatva Yodha
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:10
Last Modified: 23 Feb 2024 06:10
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14233

Actions (login required)

View Item View Item