Zulfansyah, Muhammad (2024) ANALISIS PERUBAHAN LUAS HUTAN TERHADAP EMISI KARBON DAN JUMLAH PENDUDUK. Skripsi thesis, ITN Malang.
Text
1925069_COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (884kB) |
|
Text
1925069_BAB I.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (81kB) | Request a copy |
|
Text
1925069_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (535kB) | Request a copy |
|
Text
1925069_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
1925069_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) | Request a copy |
|
Text
1925069_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (73kB) | Request a copy |
|
Text
1925069_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (88kB) |
|
Text
1925069_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara perubahan luas hutan, emisi karbon, dan pertumbuhan penduduk akibat pembangunan jalan tol. Pertumbuhan penduduk yang tinggi seringkali menyebabkan meningkatnya pemisi karbon, yang berdampak serius terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Dampak pembangunan jalan tol dapat mempengaruhi luasan hutan yang ada di wilayah penelitian sehingga mengakibatkan berkurangnya luas hutan dan perubahan tutupan lahan. Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan, khususnya terhadap tutupan lahan. Pemerintah dapat mengurangi jejak karbon dan merencanakan pembangunan perkotaan berkelanjutan untuk melindungi ekosistem hutan. Penelitian ini menggunakan metode penginderaan jauh NDVI (Normalized Difference Vegetation Index) dan Supervised Classification. Dengan data citra Landsat tahun 2011, 2015, 2019, dan 2022 di ruas jalan tol Samarinda – Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan luas hutan menyebabkan terjadinya perubahan emisi karbon. Perubahan luas hutan terkecil terjadi di Kelurahan Tani Bhakti dan perubahan luas hutan terbesar terjadi di Kelurahan Teluk Dalam. Pada tahun 2011, emisi karbon mencapai 4.929.721.599 C Ton/Ha. Pada tahun 2015 meningkat menjadi 7.024.715.835 C Ton/Ha. Pada tahun 2019 menurun menjadi 5.356.197.662 C Ton/Ha. Dan kemudian meningkat lagi menjadi 6.692.200.907 C Ton/Ha, pada tahun 2022. Emisi karbon terendah terjadi di Kelurahan Simpang Pasir pada tahun 2011, sedangkan emisi tertinggi terjadi di Kelurahan Teluk Dalam pada tahun 2015.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Zulfansyah (1925069) |
Uncontrolled Keywords: | Emisi Karbon, Hutan, Jalan Tol, NDVI, Penduduk, Tutupan Lahan |
Subjects: | Engineering > Geodesy Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi) |
Depositing User: | Muhammad Zulfansyah |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 06:11 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 06:11 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14235 |
Actions (login required)
View Item |