Senolinggi, Reynaldi Darmawan (2018) Pengaruh penambahan serbuk crumb rubber menggunakan filler abu sekam padi pada asphalt concrete - wearing course di tinjau dari karakteristik marshall. Skripsi thesis, ITN Malang.
Text
Skripsi Reynaldi Senolinggi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Tingginya pertumbuhan volume lalu lintas menyebabkan kemungkinan terjadi kerusakan lapisan jalan akibat overload juga meningkat, untuk itu muncul pemikiran untuk mencari antisipasi sekaligus solusi untuk masalah ini dengan memperbaiki kualitas lapis perkerasan. Konstruksi perkerasan AC (Asphalt Concrete)/ Laston, merupakan konstuksi jalan yang sangat di sarankan untuk di gunakan di indonesia mengingat indonesia memiliki iklim tropis yang memiliki suhu yang relatif tinggi. Di sisi lain juga peneliti melihat banyak material limbah yang di anggap berpotensi untuk di gunakan sebagai bahan additive dan di yakini dapat meningkatkan stabilitas maupun durabilitas campur perkerasan. Pada penelitian ini akan di gunakan crumb rubber sebagai bahan additive dan abu sekam sebagai filler pengganti dari abu batu, yang mengacu pada Spesifikasi Umum dari Bina Marga 2010 (revisi 3). Metode yang di pakai yaitu dengan mencari KAO terlebih dahulu dengan variasi kadar aspal 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7% , Setelah mendapatkan KAO dari perhitungan karakteristik marshall, maka di lakukan pencampuran hotmix kembali dengan memakai KAO dan penambahan variasi serbuk crumb rubber sebesar 2% ,4% ,6% ,8% , 10%, dan 0% sebagai pembanding. Dari hasil pengujian hasil campuran dengan crumb rubber optimum 5,73%, menunjukkan bahwa penambahan crumb rubber dapat memenuhi spesifikasi umum dari bina marga 2010 (revisi 3). Adapun nilai yang di dapatkan dari uji marshall antara campuran dengan dan tanpa crumb rubber adalah ; Flow (dengan = 2,93mm, tanpa = 3,23mm), VIM (dengan = 3,526%, tanpa = 3,629%), VMA (dengan = 17,28%, tanpa = 17,32%), Stabilitas (dengan = 1067,522kg, tanpa = 883,47kg), MQ (dengan = 347,776kg/mm, tanpa = 300,77kg/mm), dan VFA (dengan = 79,525%, tanpa = 79,04%), dari penjelasan di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa penambahan crumb rubber dapat menaikkan nilai Stabilitas, MQ, dan VFA, namun menurunkan nilai Flow, VIM, dan VMA.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Filler, Crumb Rubber, Karakterisik Marshall, dan Kadar Aspal Optimum |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Unnamed user with username sipil |
Date Deposited: | 09 Feb 2019 04:12 |
Last Modified: | 09 Feb 2019 04:12 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1438 |
Actions (login required)
View Item |