ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS TAHUN 2017 DENGAN CLUSTER ANALYSIS (Studi Kasus : Kabupaten Pati)

Maesaroh, Siti (2019) ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS TAHUN 2017 DENGAN CLUSTER ANALYSIS (Studi Kasus : Kabupaten Pati). Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
Jurnal_Siti Maesaroh_1725908.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (493kB)
[img] Text
Skripsi_Siti Maesaroh_1725908.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Pati masih sangat tinggi sehingga membutuhkan penanganan yang serius. Kecelakaan terjadi di berbagai tempat dengan waktu kejadian yang berbeda, hal ini menyebabkan sulitnya menentukan daerah mana yang memiliki tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas. Informasi mengenai daerah rawan kecelakaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan penegak hukum. Informasi tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk pengawasan maupun tindakan antisipasi khususnya bagi kepolisian. Pada penelitian ini dibuat suatu Sistem Informasi Geografis untuk melakukan analisa terhadap daerah yang rawan terjadi kecelakaan di wilayah Kabupaten Pati. Analisis daerah rawan kecelakaan berbasis Sistem Informasi Geografis dilakukan dengan menggunakan software GIS. Metode yang digunakan adalah cluster analysis dimana dilakukan pengelompokkan untuk menentukan kerawanan suatu daerah serta menggunakan metode tumpang susun (overlay) berdasarkan hasil pengelompokan cluster yang telah terbentuk. Dari hasil penelitian menyatakan tingkat kerawanan kecelakaan lalu lintas paling banyak terjadi di pusat-pusat kota, di Jalan Pantura yaitu jalan raya Pati – Juwana dan jalan raya Pati – Kudus, jalan raya Pati – Tayu, dan jalan raya Tuban - Semarang. Wilayah kecamatan di bagian selatan dan utara Kabupaten Pati relatif cukup aman akan kejadian kecelakaan lalu lintas. Dari hasil validasi yang telah dilakukan tingkat kesesuain pemodelan daerah rawan kecelakaan yang telah terbentuk sebesar 67,06%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cluster analysis, kecelakaan lalu lintas, SIG
Subjects: Engineering > Geodesy Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Geodesi S1 > Teknik Geodesi S1(Skripsi)
Depositing User: Mahasiswa Geodesi S1
Date Deposited: 09 Feb 2019 05:51
Last Modified: 11 Mar 2019 01:22
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item