Ningrum, Rany Christina (2025) PERENCANAAN PONDASI TIANG PANCANG BERDASARKAN DATA SPT PADA ABUTMENT JEMBATAN DI TOL CIPULARANG KM 71. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
![]() |
Text
1921091_Cover.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
1921091_Bab 1.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
1921091_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (32MB) | Request a copy |
![]() |
Text
1921092_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
1921091_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (20MB) | Request a copy |
![]() |
Text
1921091_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
![]() |
Text
1921092_Daftar Pustaka .pdf Download (502kB) |
![]() |
Text
1921091_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Perencanaan fondasi tiang pancang pada abutment jembatan di Tol Cipularang KM 71 memerlukan analisis yang cermat terhadap daya dukung tanah serta stabilitas struktur. Studi ini menggunakan data hasil investigasi tanah melalui Standard Penetration Test (SPT), hasil uji laboratorium tanah, dan gambar kerja sebagai dasar perencanaan. Analisis pembebanan dilakukan menggunakan perangkat lunak Robot Structural Analysis Professional 2022 untuk menentukan gaya aksial, gaya geser, dan gaya momen yang bekerja pada struktur. Data ini kemudian digunakan untuk menganalisis kapasitas daya dukung tiang tunggal dan kelompok sesuai dengan SNI 2833:2016 tentang perencanaan jembatan terhadap beban gempa. Selain itu, perhitungan penurunan fondasi dilakukan untuk memastikan bahwa nilai penurunan masih dalam batas aman. Stabilitas abutment dievaluasi berdasarkan faktor keamanan terhadap geseran dan penggulingan, dengan nilai minimum 1,5 sesuai dengan rekomendasi Bowles (1997) dan Hardiyatmo C.H. (2017). Tekanan tanah lateral akibat timbunan di belakang abutment juga diperhitungkan untuk menjaga kestabilan struktur.Hasil penelitian menunjukkan bahawa perhitungan beban yang bekerja pada abutment memastikan distribusi gaya yang optimal, sehingga stabilitas struktur jembatan tetap terjaga. Faktor keamanan terhadap tekanan tanah aktif dan vertikal sesuai dengan standar perencanaan, termasuk pengaruh beban gempa dan angin. Dengan demikian, desain abutment yang diusulkan memenuhi kriteria keamanan dan kelayakan teknis untuk digunakan dalam jangka panjang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rany Christina Ningrum (1921091) |
Uncontrolled Keywords: | Tiang pancang, abutment jembatan, daya dukung tanah, Standard Penetration Test (SPT), stabilitas struktur |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | Handoyo Eka |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 05:23 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 05:23 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |