PEMBUATAN GAME 3D "ADVENTURE OF KHALID"

Holifah, Musdholi (2024) PEMBUATAN GAME 3D "ADVENTURE OF KHALID". Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
2018030_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2018030_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (183kB)
[img] Text
2018030_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
2018030_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text
2018030_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2018030_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text
2018030_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (178kB)
[img] Text
2018030_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2018030_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (699kB)

Abstract

Game adalah media hiburan populer yang juga dapat berfungsi sebagai media pembelajaran. Namun, banyak game edukasi yang membosankan karena penyajian materi seperti soal-soal. Untuk mengatasi ini, dikembangkanlah "Adventure of Khalid," game petualangan 3D yang mengajarkan sejarah Khalid bin Walid melawan Romawi pada masa Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Tujuan penelitian ini adalah merancang game edukatif yang menarik dengan menggunakan metode Finite State Machine (FSM) untuk mengatur perilaku NPC (Non-Player Character). Metode FSM membantu menentukan aksi dan reaksi NPC dalam berbagai situasi permainan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa FSM berfungsi dengan baik, dengan pengujian State Transition dan UI mencapai tingkat keberhasilan 100%. Sebagian besar pemain memberikan penilaian positif: 62,5% menyatakan game ini bagus, 36,36% cukup, dan hanya 1,14% yang menyatakan buruk, menunjukkan penerimaan yang baik dari pemain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Musdholi Holifah (2018030)
Uncontrolled Keywords: Khalid bin Walid, Finite State Machine, NPC, Unity 3D, Game 3D.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Musdholi Holifah
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:04
Last Modified: 29 Jul 2024 04:04
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14653

Actions (login required)

View Item View Item