Pamungkas, Arum Tri (2024) Evaluasi Kinerja Guru di SMK Widyagama Malang Menggunakan Metode Fuzzy AHP. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Persaingan yang semakin ketat menjadikan kualitas pendidikan sebagai faktor kunci dalam menyiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan, dengan peran guru di SMK menjadi sangat penting. Namun, evaluasi kinerja guru di SMK Widyagama Malang masih menghadapi tantangan, terutama dalam metode manual yang memakan waktu dan tenaga, serta evaluasi yang tidak melibatkan perspektif siswa. Untuk meningkatkan efektivitas evaluasi kinerja guru, penelitian ini mengusulkan pendekatan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP), yang memungkinkan integrasi berbagai kriteria secara fleksibel dan mempertimbangkan ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Data dari 316 responden yang terdiri dari 12 kriteria, 15 guru, dan 21 siswa dikumpulkan dan dianalisis, menghasilkan pengelompokan kriteria menjadi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional. Pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan di berbagai web browser dengan fitur dan penanganan error yang baik. Hasil perankingan metode FAHP secara manual dan sistem menunjukkan urutan yang sama, mengindikasikan bahwa metode ini efisien dan akurat dalam mengevaluasi kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Arum Tri Pamungkas (2018010) |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy AHP, Evaluasi Kinerja, SMK Widyagama, Website |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Arum Tri Pamungkas |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 06:25 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 06:25 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14681 |
Actions (login required)
View Item |