Evaluasi Kinerja Guru di SMK Widyagama Malang Menggunakan Metode Fuzzy AHP

Pamungkas, Arum Tri (2024) Evaluasi Kinerja Guru di SMK Widyagama Malang Menggunakan Metode Fuzzy AHP. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (650kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (200kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan yang semakin ketat menjadikan kualitas pendidikan sebagai faktor kunci dalam menyiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan, dengan peran guru di SMK menjadi sangat penting. Namun, evaluasi kinerja guru di SMK Widyagama Malang masih menghadapi tantangan, terutama dalam metode manual yang memakan waktu dan tenaga, serta evaluasi yang tidak melibatkan perspektif siswa. Untuk meningkatkan efektivitas evaluasi kinerja guru, penelitian ini mengusulkan pendekatan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP), yang memungkinkan integrasi berbagai kriteria secara fleksibel dan mempertimbangkan ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Data dari 316 responden yang terdiri dari 12 kriteria, 15 guru, dan 21 siswa dikumpulkan dan dianalisis, menghasilkan pengelompokan kriteria menjadi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional. Pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan di berbagai web browser dengan fitur dan penanganan error yang baik. Hasil perankingan metode FAHP secara manual dan sistem menunjukkan urutan yang sama, mengindikasikan bahwa metode ini efisien dan akurat dalam mengevaluasi kinerja guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Arum Tri Pamungkas (2018010)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy AHP, Evaluasi Kinerja, SMK Widyagama, Website
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Arum Tri Pamungkas
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:25
Last Modified: 06 Aug 2024 06:25
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14681

Actions (login required)

View Item View Item