APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MENGGUNAKAN UNITY 3D

Alamsyah, Davi Firman (2024) APLIKASI MOBILE PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MENGGUNAKAN UNITY 3D. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2018128_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (737kB)
[img] Text
2018128_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (228kB)
[img] Text
2018128_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
2018128_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
2018128_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text
2018128_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
2018128_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (219kB)
[img] Text
2018128_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah game edukatif berbasis Android yang dinamakan “Learning By Playing”. Penelitian ini juga berfokus pada pengembangan game edukatif berbasis Android yang menggabungkan dua elemen yaitu pembelajaran dan hiburan secara efektif menggunakan Unity 3D serta mengimplementasikan Algoritma Fisher-Yates untuk gameplay yang variatif dan menarik. Unity 3D dipilih sebagai tools utama karena kemampuannya dalam menghasilkan grafis yang menarik dan dukungan yang luas untuk platform Android. Game ini menggunakan metode pengacakan elemen dalam game yaitu Algoritma Fisher Yates yang efektif dalam menghasilkan urutan acak dari sebuah himpunan data yang inovatif dan menarik untuk diimplementasikan meskipun banyak game edukatif yang ada pada saat ini, masih terdapat tantangan dalam memadukan unsur pembelajaran dan hiburan secara efektif, sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar melalui game tersebut. Penelitian ini melibatkan tahap perancangan, pengembangan, hingga pengujian game untuk memastikan bahwa semua fitur berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game "Learning By Playing" berbasis Android dengan penggunaan Algoritma Fisher Yates untuk menjaga keacakan dalam permainan, sehingga diharapkan penelitian ini benar-benar dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan game mobile learning. Selain itu, pengujian kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 11 orang memberikan penilaian pengguna aplikasi sangat baik dan sangat memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Davi Firman Alamsyah (2018128)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Mobile, Game Pembelajaran, Unity3D.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Davi Firman Alamsyah
Date Deposited: 09 Aug 2024 06:50
Last Modified: 09 Aug 2024 06:50
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item