IMPLEMENTASI GAME RTS 3D "COLONIALIZATION” BERBASIS PERANG PATTIMURA DENGAN PENERAPAN FINITE STATE MACHINE (FSM)

Sinaga, Hannes Tigor Hamonangan (2025) IMPLEMENTASI GAME RTS 3D "COLONIALIZATION” BERBASIS PERANG PATTIMURA DENGAN PENERAPAN FINITE STATE MACHINE (FSM). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (422kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (140kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mendorong transformasi fungsi permainan digital dari sekadar hiburan menjadi media pembelajaran dan penyebaran nilai-nilai sejarah serta budaya. Salah satu tantangan utama dalam pengembangan permainan berbasis sejarah adalah menyajikan narasi yang kompleks secara interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan permainan strategi waktu nyata (Real-Time Strategy/RTS) 3D berjudul “Colonialization”, yang mengangkat peristiwa sejarah Perang Saparua tahun 1817 dengan tokoh sentral Pattimura sebagai representasi perjuangan rakyat Maluku melawan kolonialisme Belanda. Pengembangan permainan ini dilakukan menggunakan perangkat lunak Unity 3D untuk pembuatan lingkungan dan mekanisme permainan, serta Blender untuk pemodelan aset tiga dimensi. Metode Finite State Machine (FSM) diterapkan guna mengatur perilaku karakter dan unit dalam permainan secara sistematis dan adaptif. Hasil implementasi menunjukkan bahwa pendekatan FSM mampu menciptakan respons karakter yang realistis dan dinamis, sehingga mendukung keterlibatan pemain dalam memahami strategi perlawanan serta konteks historis yang disajikan. Permainan ini diharapkan dapat menjadi sarana edukatif yang efektif dalam memperkenalkan sejarah perjuangan bangsa Indonesia kepada generasi digital masa kini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hannes Tigor Hamonangan Sinaga (2118125)
Uncontrolled Keywords: FSM, 3D, RTS, Game
Subjects: Engineering > Computer Enginering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: HANNES TIGOR HAMONANGAN SINAGA
Date Deposited: 15 Sep 2025 06:44
Last Modified: 15 Sep 2025 06:44
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14744

Actions (login required)

View Item View Item