Arwishak, Muhammad Krisna Audy (2025) PENERAPAN ALGORITMA K - MEANS UNTUK KLASTERISASI PARFUM BRAND LOKAL INDONESIA. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Industri parfum lokal di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dengan beragam pilihan aroma, harga, konsentrasi, dan ukuran, namun konsumen kesulitan memilih produk yang sesuai preferensi dan produsen kurang memahami segmentasi pasar secara objektif. Penelitian ini bertujuan menerapkan algoritma K Means clustering untuk mengelompokkan parfum merek lokal berdasarkan variabel harga, konsentrasi, ukuran, dan tipe. Sistem klastersasi parfum dibangun berbasis website dengan menggunakan teknologi framework Laravel. Datasheet yang digunakan untuk klasterisasi diambil dari Kaggle dengan 570 data parfum. Hasil klasterisasi menghasilkan 3 klaster yaitu C1 untuk rendah, C2 untuk sedang dan C3 untuk tinggi. Berdasarkan pengujian blackbox menunjukkan hasil pengujian blackbox 100% dapat berfungsi dengan baik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Krisna Audy Arwishak (2118048) |
Uncontrolled Keywords: | Data mining, k-means, klasterisasi, parfum local |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Muhammad Krisna Audy Arwishak |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 06:34 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 06:34 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |