Taralandu, Deriatno (2025) Implementasi Hierarchical Finite State Machine (HFSM) dan Algoritma Pathfinding dalam Pengembangan Game Petualangan 2D “Petualangan Rato Bili” Berbasis Android. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Industri game terus mengalami perkembangan pesat dengan berbagai inovasi, termasuk dalam genre petualangan yang menggabungkan eksplorasi dan alur cerita yang menarik. Penelitian ini berfokus pada pengembangan game Petualangan Rato Bili, sebuah game petualangan 2D berbasis Android yang mengangkat cerita rakyat dari Sumba Barat. Implementasi metode Hierarchical Finite State Machine (HFSM) diterapkan untuk mengelola perilaku karakter Non-Player Character (NPC), sementara algoritma A* Pathfinding digunakan untuk menentukan jalur optimal dalam permainan. Pengembangan game ini dilakukan menggunakan Unity 2022 dengan target pengguna berusia 12 tahun ke atas. Pengujian menunjukkan bahwa HFSM mampu mengatur transisi antar state NPC dengan efisien, sedangkan A* Pathfinding memungkinkan navigasi karakter secara optimal. Game ini tidak hanya memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan tetapi juga berfungsi sebagai media edukasi untuk memperkenalkan budaya lokal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Deriatno Taralandu |
Uncontrolled Keywords: | Game Petualangan, HFSM, A* Pathfinding, Unity, Android |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Deriatno Taralandu |
Date Deposited: | 21 Aug 2025 05:37 |
Last Modified: | 21 Aug 2025 05:37 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14866 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |