GAME PLATFORM "ECHOES OF THE FORGOTTEN: A ROBOT'S QUEST FOR TRUTH" BERBASIS DESKTOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE

Erdhani, Enrico (2025) GAME PLATFORM "ECHOES OF THE FORGOTTEN: A ROBOT'S QUEST FOR TRUTH" BERBASIS DESKTOP DENGAN MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (684kB)
[img] Text
Bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (240kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (175kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (664kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa transformasi signifikan dalam industri game, khususnya dalam menciptakan perilaku karakter non-pemain (NPC) yang lebih realistis dan adaptif. Skripsi ini membahas perancangan dan pengembangan game platform berbasis desktop berjudul "Echoes of The Forgotten: A Robot's Quest for Truth" dengan menerapkan metode Finite State Machine (FSM) sebagai inti dari pengaturan perilaku musuh. Game ini mengisahkan petualangan seorang robot bernama Echo dalam mengungkap rahasia kehancuran dunia lama, dengan menghadirkan tiga level misi yang dipenuhi teka-teki dan musuh bernama The Corrupted. Penelitian ini bertujuan untuk merancang gameplay yang interaktif dengan mengimplementasikan FSM dan AI untuk menciptakan respons dinamis terhadap tindakan pemain. Pengembangan dilakukan menggunakan Unity3D dan bahasa pemrograman C#, serta dibatasi pada platform Windows. Hasil dari penerapan FSM dan Fuzzy Logic menunjukkan peningkatan kualitas interaksi musuh dalam game, memberikan tantangan dan pengalaman bermain yang lebih kompleks. Selain sebagai media hiburan, game ini diharapkan menjadi referensi dalam pengembangan game petualangan berbasis AI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Enrico Erdhani (2118073)
Uncontrolled Keywords: Game Platform, Fuzzy Logic, Artificial Intelligence, Finite State Machine, 3D, Blender, Adventure
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Enrico Erdhani
Date Deposited: 22 Aug 2025 06:44
Last Modified: 22 Aug 2025 06:44
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14877

Actions (login required)

View Item View Item