Perancangan Game Horror 3D “The Unread” dengan Metode Finite State Machine dan Fuzzy Sugeno

Wahid, Abdul (2025) Perancangan Game Horror 3D “The Unread” dengan Metode Finite State Machine dan Fuzzy Sugeno. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bag.Awal_2118077.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (98kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Game horror merupakan salah satu genre yang digemari karena mampu menghadirkan ketegangan melalui atmosfer, jumpscare, dan alur cerita yang misterius. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game horror 3D berjudul "The Unread", yang berfokus pada eksplorasi dan investigasi dalam rumah kosong yang penuh misteri. Game ini dibangun menggunakan metode Finite State Machine (FSM) untuk mengatur perilaku musuh (AI) dalam tiga state utama, yaitu wander, chase, dan jumpscare. Untuk membuat perilakuf AI lebih adaptif, FSM dikombinasikan dengan logika fuzzy Sugeno yang memproses input berupa jarak ke pemain dan tingkat sanity untuk menghasilkan output berupa kecepatan serta transisi perilaku secara dinamis. Game ini dikembangkan dalam perspektif First Person (FPP) dengan model 3D semi-realistis dan atmosfer audio horror yang imersif. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem FSM dan fuzzy Sugeno berjalan efektif dengan akurasi yang tinggi dan respons yang sesuai terhadap kondisi pemain. Seluruh fitur eksplorasi, interaksi objek, dan transisi antar level berfungsi dengan baik, mendukung alur cerita secara menyeluruh. Berdasarkan uji coba pengguna, sebanyak 76,88% responden memberikan penilaian positif terhadap kontrol, atmosfer horror, efek suara, dan kecerdasan musuh, membuktikan bahwa game "The Unread" berhasil memberikan pengalaman bermain yang menegangkan dan imersif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abdul Wahid (2118077)
Uncontrolled Keywords: Game Horror, 3D, FSM, Fuzzy, Sugeno, Eksplorasi, First Person Perspective
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Abdul Wahid
Date Deposited: 22 Aug 2025 07:20
Last Modified: 22 Aug 2025 07:20
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14880

Actions (login required)

View Item View Item