Akifah, Nurghina (2024) OASIS RECOVERY GAMING DISORDER DI JAKARTA UTARA. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Teknologi semakin berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Pesatnya perkembangan transmisi informasi dengan pemanfaatan internet menjadi salah satu faktor yang membuat teknologi dapat menyebar ke daerah-daerah terpencil meskipun berada di negara-negara berkembang. Penggunaan perangkat elektronik dalam aktivitas sehari-hari manusia juga berkontribusi terhadap perubahan perilaku manusia secara sosial, ekonomi, dan budaya. Salah satu teknologi berbasis internet yang paling populer adalah game online, saat ini game online adalah salah satu permainan digital yang berkembang pesat di era modern. Akan tetapi game online juga mempunyai potensi permasalahan di Indonesia. Prevalensi kecanduan game online pada remaja Indonesia terus meningkat, dan Indonesia menjadi negara keenam dengan tingkat kecanduan game online sebesar 112,6% pada tahun 2007. Tujuan yang dapat dicapai melalui perencanaan dan perancangan pembangunan tempat pemulihan adiksi game online adalah mengetahui kriteria bangunan arsitektural pada proses perancangan sebuah desain pemulihan adiksi game online dan dapat mengetahui proses perancangan tema healing architecture yang mencakup kriteria perancangan bagi tempat pemulihan adiksi game online. Dalam perancangan tempat pemulihan adiksi game online, menggunakan metode force-based yang disesuaikan dan digunakan untuk mendukung proses pengembangan. Metode ini menggabungkan pemanfaatan kekuatan non-fisik, seperti kebutuhan pengguna, faktor psikologis, prinsip terapeutik, dan dinamika sosial, untuk membentuk pendekatan desain. Sehingga dapat menciptakan lingkungan yang mendorong pemulihan, mengatasi tantangan terkait kecanduan, dan mendukung kesejahteraan dan rehabilitasi individu yang berjuang melawan kecanduan game online. Dengan demikian diharapkan tempat pemulihan adiksi game online ini mampu menjadi tempat yang dapat membantu individu memahami dan mengelola perilaku kecanduan mereka, mengembangkan mekanisme penanggulangan yang lebih sehat, dan mencapai pemulihan jangka panjang serta peningkatan kualitas hidup.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Nurghina Akifah(2022011) |
Uncontrolled Keywords: | Adiksi Game Online, Pemulihan, kecanduan, Arsitektur Penyembuhan. |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi) |
Depositing User: | Nurghina Akifah |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 05:52 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 05:52 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14890 |
Actions (login required)
View Item |