IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) MENENTUKAN REKOMENDASI PAKET PRODUK (STUDI KASUS : KOPERASI UNIT DESA PAKIS)

Pratama, Ahmad Prayoga Dwi (2025) IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI PADA KOPERASI UNIT DESA (KUD) MENENTUKAN REKOMENDASI PAKET PRODUK (STUDI KASUS : KOPERASI UNIT DESA PAKIS). Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
2118082_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (293kB)
[img] Text
2118082_BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (43kB)
[img] Text
2118082_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
2118082_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
2118082_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
2118082_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text
2118082_DaftarPustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (104kB)
[img] Text
2118082_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (503kB) | Request a copy

Abstract

Koperasi Unit Desa (KUD) Pakis yang berlokasi di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, menyediakan berbagai layanan seperti simpan pinjam, swalayan, pertanian, dan PPOB. Namun, dalam operasional bidang swalayan, KUD Pakis menghadapi tantangan dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat akibat kurangnya pemanfaatan data transaksi secara optimal. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam mengidentifikasi produk yang paling diminati konsumen, sehingga strategi penyusunan stok dan promosi menjadi kurang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penerapan algoritma Apriori dalam data mining menjadi solusi yang potensial. Algoritma ini mampu mengidentifikasi pola asosiasi antar produk berdasarkan riwayat transaksi, sehingga memungkinkan penyusunan rekomendasi dan paket produk yang sesuai dengan kebiasaan pembelian pelanggan. Dengan demikian, analisis ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan stok, efektivitas promosi, serta kepuasan konsumen KUD Pakis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ahmad Prayoga (2118082)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Apiori,Data Mining,KUD,Pola Pembelian,Analisa Penjualan,Swalayan,Data Transaksi
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Ahmad Prayoga Dwi Pratama
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:59
Last Modified: 26 Aug 2025 03:59
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item