Perancangan Game Edukasi Berbasis Android 2d “Germ Busters” Menggunakan Finite State Machine Dan Fuzzy Sugeno

Abiyova, Rangga Aditia (2025) Perancangan Game Edukasi Berbasis Android 2d “Germ Busters” Menggunakan Finite State Machine Dan Fuzzy Sugeno. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (970kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (149kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyebaran penyakit menular seperti flu, demam berdarah (DBD), dan hepatitis masih menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat, khususnya pada anak-anak. Berdasarkan observasi terhadap siswa kelas 4 SD, hanya 37,33% yang mengetahui informasi terkait ketiga penyakit tersebut, 24,89% cukup tahu, dan 37,78% tidak tahu. Rendahnya tingkat pemahaman ini mendorong perlunya media edukasi yang interaktif dan menarik. Penelitian ini mengembangkan Germ Busters, sebuah game edukasi 2D bertema shooter yang menggabungkan unsur hiburan dan pembelajaran kesehatan. Game ini memanfaatkan metode Finite State Machine (FSM) untuk mengatur perilaku musuh serta Fuzzy Sugeno untuk menyesuaikan kecepatan musuh berdasarkan jarak dan jumlah nyawa pemain. Pengujian melibatkan pengguna dengan karakteristik sesuai target audiens untuk menilai efektivitas penyampaian materi edukasi. Hasil menunjukkan 26% responden menyatakan tahu, 36% cukup tahu, dan 38% tidak tahu mengenai materi kesehatan setelah bermain. Temuan ini mengindikasikan bahwa Germ Busters berpotensi menjadi media edukatif yang menyenangkan dan informatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rangga Aditia Abiyova (2118107)
Uncontrolled Keywords: Finite State Machine, Fuzzy Sugeno, Game Edukasi, Virus
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Rangga Aditia Abiyova
Date Deposited: 26 Aug 2025 04:57
Last Modified: 26 Aug 2025 04:57
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14904

Actions (login required)

View Item View Item