Bulu, Oktavianus (2024) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL DENGAN METODE PKJI 2023 DAN VISSIM 23 (Studi Kasus : Jl. Drs. Moh.Hatta - Jl. Raya Pendem –Jl. Arhanud dan Jl. Tegalgondo) Kota batu. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Text
COVER..pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI 1721088_OKTAVIANUS BULU_BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (219kB) |
|
Text
SKRIPSI 1721088_OKTAVIANUS BULU_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (614kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI 1721088_OKTAVIANUS BULU_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (346kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI 1721088_OKTAVIANUS BULU_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI 1721088_OKTAVIANUS BULU_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (123kB) | Request a copy |
|
Text
SKRIPSI 1721088_OKTAVIANUS BULU_DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (178kB) |
|
Text
SKRIPSI 1721088_OKTAVIANUS BULU_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (206kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan kendaraan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat saat ini baik sebagai alat mobilitas maupun sebagai tolak ukur tingkat keberhasilan seseorang. Hal ini tercermin dari kenyataan semakin tingginya tingkat motorisasi dari tahun ke tahun. Secara umum kendaraan bermotor terbagi menjadi dua jenis yaitu kendaraan umum dan kendaraan pribadi, dimana pengunaan kendaraan pribadi lebih menonjol dibandingkan dengan kendaraan umum. Jaringan jalan Drs.Ir Moh Hatta merupakan jalan provinsi dengan tingkat pelayanan B kolektor primer yang memiliki 1,5-15 tundaan detik (nomor ruas 35,136,11 panjang 2,27 Km) (SK jalan Provinsi Jawa Timur).Evaluasi kinerja pada simpang ini perlu di lakukan karena merupakan pertemuan antara 4 jalan yaitu Jl.Drs Moh.Hatta - Jl. Raya Pendem-jln.Raya Arhanud dan Jl.Tegalgondo. Dimana persimpangan ini memiliki berbagai permasalahan yang mengakibatkan sering terjadi kemacetan yang menimbulkan tundaan dan panjang antrian pada jam- jam puncak. Karakteristik simpang Pendem menggunakan metode PKJI 2023 sebesar 1941,40 smp/jam. Derajat kejenuhan pada lengan utara, timur, selatan, dan barat sebesar 0,39, 1,38, 1,27, dan 1,06. Panjang antrian pada lengan utara, timur, selatan dan barat sebesar 15,22 m, 149,26 m, 132,88 m , dan 72,93 m.dengan tundaan rata-rata pada simpang Pendem sebesar 86,57 det/smp, (tingkat pelayanan F ). Didapatkan alternatif terbaik yaitu penambahan pelebaran geometrik 0,5 m dan perubahan dua fase. Dari hasil perhitungan diperoleh panjang antrian maksimum yaitu 43,96 m, derajat kejenuhan 0,78, tundaan rata-rata maksimum 14,75 det/smp, dengan tingkat pelayanan B. Sehinggah alternatif ini layak di gunakan. Dari perhitungan pertumbuhan kendaraan 5 tahun mendatang di dapat hasil tundaan rata-rata pada setiap altermatif yaitu pada alternatif II mempunyai tundaan sebesar 38,98 det/smp dengan tingakat pelayanan D dan pada alternatif III 27,24 det/smp tingkat pelayanan D.dimana berdasarkan peraturan perhubunga Republik Indonesia No. 96 Tahun 2015 alternatif II dan alternatif III tidak lagi memiliki pelayanan yg baik pada persimpang pendem 5 tahun akan mendatang karena memiliki pelayanan D. Kata kunci: PKJI, Simpang Bersinyal, Vissim
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Oktavianus Bulu (17121088) |
Uncontrolled Keywords: | PKJI, Simpang Bersinyal, Vissim |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | OKTAVIANUS BULU |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:03 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:03 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/14985 |
Actions (login required)
View Item |