ABDULLAH, FUAD (2024) STUDI PERENCANAAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN LENTUR (FLEXIBEL PAVEMENT) RUAS JALAN LAIWILA-KABANDA ( STA 15+275 s/d 20+145) KABUPATEN SUMBA TIMUR, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Skripsi thesis, ITN MALANG.
Abstract
Kabupaten Sumba Timur memiliki panjang total ruas jalan 1227,45 km jalan kabupaten. Salah satu ruas jalan di Kabupaten Sumba Timur adalah ruas jalan Laiwila - Kabanda memiliki panjang total 37,62 km (Surat Keputusan Bupati Sumba Timur.,Hal.6) dan yang sudah dilakukan penanganan hingga saat ini sepanjang 15 km. Sedangkan sisanya 21,62 km masih merupakan jalan eksisting dengan lebar 3,5 m, kondisi geometrik melewati atas bukit, banyak lubang dan banyak titik tikungan yang tajam, sempit dan beberapa tikungannya diantaranya saling berdekatan sehingga sering terjadi kecelakaan lalu lintas, ditambah lagi pada saat musim hujan banyak kendaraan roda empat hingga truk yang tidak bisa menanjak akibat kondisi jalan eksisting yang licin, dan ada beberapa titik ruas jalan yang belum terdapatnya drainase, maka dari itu perlu direncanakan trase baru yang lebih aman demi terciptanya kenyamanan dan keamanan dalam berkendara dengan mengikuti pedoman” yang tertera dan meyesuaikan dengan kecepatan rencana yg akan direncanakan. Dari permasalahan diatas perlu di lakukannya evaluasi terhadap geometrik perkerasan jalan dan drainase, untuk menghitung dan mendesain ulang geometrik yang aman menurut standar perencanaan geometrik menggunakan pedoman Bina Marga 20/SE/Db/2021 standar perencanaan perkerasan lentur Bina Marga 04/SE/Db/2017 dan pedoman desain drainase perkotaan Bina marga 23/SE/Db/2021 dan juga dari perencanaan tersebut akan dihitung berapa anggaran biaya menggunakan AHSP Bina Marga Lampiran III 2022 yang diperlukan untuk menghitung hasil perencanakan geometric,perkerasan lentur dan drainase. Berdasarkan hasil Analisa dari tiga alternatif, dipilih alternatif Ketiga sebagai desain yang paling optimal, dimana diperoleh tikungan pada alinyemen horizontal sebanyak 12 buah yaitu 6 buah jenis tikungan FC dan 6 buah jenis tikungan SCS, sedangkan pada alinyemen vertikal diperoleh 10 kurva yaitu 3 buah kurva cembung dan 7 buah kurva scekung, persentase landai positif sebesar -0,01% dan landai negatif -6,08%, serta diperoleh volume galian sebesar 30.240,83 m3 dan volume timbunan 14.741,91 m3 dengan biaya pekerjaan sebesar Rp 889.260.211,98. Sedangkan untuk perkerasan didapatkan struktur perkerasan AC-WC 40 mm, AC BC 60 mm, AC-Base 0 mm, LPA kelas A 400 mm dengan biaya pekerjaan sebesar Rp. 14.400.301.733,80. Untuk pengerjaan galian dan pengecoran drainase sebesar Rp. 1.882.785.035,23. Sehingga di dapatkan Rekapitulasi anggaran biaya total semua pekerjaan sebesar Rp. 19.061.305.200,000.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | FUAD ABDULLAH (1921093) |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Perencanaan Geometrik Jalan, Perkerasan Lentur, Drainase Jalan, Rencana Anggaran Biaya (RAB). |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | FUAD ABDULLAH |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 06:57 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 01:17 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15004 |
Actions (login required)
View Item |