Desain dan Implementasi Game Edukasi Riko Sang Pahlawan Kebersihan Berbasis Android Menggunakan Metode Line of sight (LoS ) dan Finite State Machine (FSM) 2D

Maharani, Bella Anggita (2025) Desain dan Implementasi Game Edukasi Riko Sang Pahlawan Kebersihan Berbasis Android Menggunakan Metode Line of sight (LoS ) dan Finite State Machine (FSM) 2D. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL_BellaAnggitaM_1818030.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (402kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (903kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (298kB)
[img] Text
JURNAL (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan, media pembelajaran interaktif seperti game edukasi menjadi alternatif yang efektif, terutama bagi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan game edukasi “Riko Sang Pahlawan Kebersihan” berbasis Android yang menggabungkan pendekatan menyenangkan dengan unsur edukatif. Game ini menggunakan metode Finite State Machine (FSM) untuk mengatur perilaku NPC (non-player character) dan metode Line of Sight (LoS) untuk mendeteksi visibilitas karakter terhadap musuh dalam permainan. Metodologi yang digunakan mengikuti tahapan Game Development Life Cycle (GDLC), mencakup inisiasi, perancangan, produksi, pengujian, distribusi, dan evaluasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem navigasi, kontrol karakter, serta fungsi FSM dan LoS bekerja dengan baik. Game diuji pada berbagai perangkat Android dan mendapatkan respons positif dari pengguna, dengan 97% responden menyatakan bahwa game ini menyenangkan, mudah dipahami, dan efektif menyampaikan pesan edukasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media permainan digital dapat menjadi sarana edukatif yang menarik dan interaktif untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sejak dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Bella Anggita Maharani (1818030)
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Android, Finite State Machine, Line of Sight
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Bella Anggita Maharani
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:54
Last Modified: 09 Sep 2025 05:19
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15009

Actions (login required)

View Item View Item