Pengelompokan Game Berdasarkan Data Top Seller pada Website "Steam" Menggunakan Metode K-Medoids

Bhakti Widiatama, Manggala (2024) Pengelompokan Game Berdasarkan Data Top Seller pada Website "Steam" Menggunakan Metode K-Medoids. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAB AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (609kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (899kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (515kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bisnis Game yang terjadi di Indonesia telah tumbuh dengan sangat pesat dan banyak industry bermunculan untuk melaukan bisnis ini yang menyebabkan banyaknya trasaksi bisnis didalamnya dan data-data penjualan game dan salah salh satu platform terbesar dalam bidang penjuaan game saat ini adalah “Steam”. Dengan banyaknya transaksi dan data ini yang terjadi tidak mungkin kita sebagai manusia bisa melakukan pengamatan akan data tersebut secara langsung terus menerus untuk mendapatkan suatu pemahaman akan trasaksi terbaik dari data jual-beli tersebut dari segi harga,maupun wilayah .Dalam rangka untuk meningkatkan efektivitas dalam menyaring,mendapatkan,dan mengelola data tersebut diperlukan Solusi menggunakan data scraping yang mampu melakukan pengumpulan data tersebut dan menentukan transaksi terbaik menggunakan metode cluster K-Medoids. Implementasi metode data scraping diterapkan untuk mengumpulkan data-data pada website dan mengkategorikan data-data yang masuk sesuai dengan harga,lokasi,dan jumlah terbeli. Dengan Data Tersebut dapat diterapkan kedalam metode K-Medoids untuk mendapatkan data pengelompokan data penjualan mana yang termasuk terbaik sesuai dengan harga,lokasi atau harga yang tersedia pada kasus ini pada website game market “Steam”.Sistem ini diharapkan dapat membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data-data tersebut dan mendapatkan suatu data yang berguna untuk menentukan game terbaik yang dapat digunakan untuk membantu pengambilan Keputusan dari segi penjualan,pengembangan,dan lainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Manggala Bhakti Widiatama (1818036)
Uncontrolled Keywords: Data, Transaksi, Harga,Review, Scraping Data, Metode K-Medoids
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Manggala Bhakti Widiatama
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:03
Last Modified: 05 Sep 2024 06:03
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15016

Actions (login required)

View Item View Item