PERANCANGAN GAME 2D TOP-DOWN SHOOTER "OUTBREAK25" MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) DAN PROCEDURAL GENERATION

Rahman, Rohibun (2025) PERANCANGAN GAME 2D TOP-DOWN SHOOTER "OUTBREAK25" MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) DAN PROCEDURAL GENERATION. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
1818072_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (551kB)
[img] Text
1818072_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (248kB)
[img] Text
1818072_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
1818072_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
1818072_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
1818072_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text
1818072_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (227kB)
[img] Text
1818072_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Game merupakan salah satu bentuk hiburan digital yang terus berkembang, khususnya pada platform desktop yang menawarkan performa tinggi dan gameplay yang lebih kompleks. Namun, banyak game masih menggunakan level statis dan musuh dengan perilaku sederhana, yang menyebabkan pengalaman bermain terasa monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game Outbreak25, sebuah game 2D top-down shooter berbasis desktop yang dapat dimainkan secara offline dengan interaksi yang lebih dinamis melalui penerapan kecerdasan buatan dan generasi level otomatis. Metode yang digunakan meliputi Finite State Machine (FSM) untuk mengatur perilaku musuh (zombie) seperti patroli, pengejaran, dan serangan, serta Procedural Generation untuk menciptakan peta permainan yang selalu berubah pada setiap sesi permainanHasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur berjalan sesuai fungsinya, musuh mampu merespons kondisi permainan secara adaptif, dan pengguna memberikan respons positif terhadap gameplay serta desain visual. Dengan demikian, game Outbreak25 dinilai berhasil baik dari sisi teknis maupun fungsional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohibun Rahman (1818072)
Uncontrolled Keywords: Game Desktop, Finite State Machine, Procedural Generation, Unity Engine.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Rohibun Rahman
Date Deposited: 15 Sep 2025 05:21
Last Modified: 15 Sep 2025 05:21
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15048

Actions (login required)

View Item View Item