Rahman, Rohibun (2025) PERANCANGAN GAME 2D TOP-DOWN SHOOTER "OUTBREAK25" MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) DAN PROCEDURAL GENERATION. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Game merupakan salah satu bentuk hiburan digital yang terus berkembang, khususnya pada platform desktop yang menawarkan performa tinggi dan gameplay yang lebih kompleks. Namun, banyak game masih menggunakan level statis dan musuh dengan perilaku sederhana, yang menyebabkan pengalaman bermain terasa monoton. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game Outbreak25, sebuah game 2D top-down shooter berbasis desktop yang dapat dimainkan secara offline dengan interaksi yang lebih dinamis melalui penerapan kecerdasan buatan dan generasi level otomatis. Metode yang digunakan meliputi Finite State Machine (FSM) untuk mengatur perilaku musuh (zombie) seperti patroli, pengejaran, dan serangan, serta Procedural Generation untuk menciptakan peta permainan yang selalu berubah pada setiap sesi permainanHasil pengujian menunjukkan bahwa seluruh fitur berjalan sesuai fungsinya, musuh mampu merespons kondisi permainan secara adaptif, dan pengguna memberikan respons positif terhadap gameplay serta desain visual. Dengan demikian, game Outbreak25 dinilai berhasil baik dari sisi teknis maupun fungsional.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rohibun Rahman (1818072) |
Uncontrolled Keywords: | Game Desktop, Finite State Machine, Procedural Generation, Unity Engine. |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi) |
Depositing User: | Rohibun Rahman |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 05:21 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 05:21 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |