KINERJA SIMPANG AKIBAT PENERAPAN SATU ARAH RUAS JALAN MERGAN LORI SIMPANG MERGAN MALANG

Kleden, Ignatius Yoseph Kebesa Raya (2024) KINERJA SIMPANG AKIBAT PENERAPAN SATU ARAH RUAS JALAN MERGAN LORI SIMPANG MERGAN MALANG. Tugas Akhir thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (157kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (657kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (478kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (81kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (129kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (482kB)

Abstract

Di kota Malang sendiri kemacetan lalu lintas sudah menjadi hal biasa di beberapa ruas jalan raya. Kemacetan lalu lintas ini sendiri menimbulkan ketidaknyamanan masyarakat dalam melakukan aktifitas transportasi serta berdampak negatif di berbagai aspek. Kasus ini pula di akibatkan oleh perkembangan kendaraan yang terus meningkat disetiap tahunnya tidak hanya itu jumlah prasarana yang kurang mencukupi juga menjadi salah satu unsur kemacetan. Salah satu titik kemacetan di kota Malang terdapat di Ruas Jl. Mergan lori. Besarnya volume lalu lintas pada jam-jam sibuk menyebabkan tingkat pelayanan simpang Empat Jl. Mergan Lori berada pada level F (kondisi terburuk). Hal ini disebabkan karena adanya perubahan intensitas tata guna lahan di sekitar simpang dan dominannya penggunaan kendaraan pribadi, antrian dan tundaan yang sangat besar. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penelitian tersebut disarankan untuk dilakukan pelebaran jalan namun dikarenakan kondisi eksisting tidak memungkinkan maka penulis ingin membuat alternatif dengan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa penerapan sistem satu arah pada ruas Jl. Mergan Lori. Karakteristik Simpang Mergan menggunakan PKJI 2023 yaitu diperoleh puncak arus total lalu lintas kendaraan yang paling tinggi dalam 3 hari adalah hari Senin, 13 Mei 2024 pada jam 07:00 – 08:00 sebesar 2593,8 kend/jam. Derajat kejenuhan pada lengan utara 0,82, Timur 0,81, Selatan 1,19, dan Barat 0. Panjang Antrian pada pendekat utara sebesar 56,45 m, timur 35,05 m, selatan 121,16 m dan barat tidak ada panjang antrian. Dengan tundaan rata-rata pada simpang Mergan sebesar 68,18 det/smp dengan tingkat pelayanan F. Dari hasil perencanaan sistem satu arah pada simpang Mergan pada pendekat selatan (Masuk). Diperoleh derajat kejenuhan tertinggi pada pendekat utara sebesar 0,62, Pada pendekat timur sebesar 0,62 dan pendekat barat 0. Panjang antrian terbesar pada pendekat Utara sebesar 20,10 m, pada pendekat Timur sebesar 19,36 m, dan pada pendekat barat 0 m. Dengan tundaan rata-rata pada simpang Mergan sebesar 11,74 det/smp dengan tingkat pelayanan B, sehingga alternatif ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir)
Additional Information: Ignatius Yoseph Kebesa Raya Kleden (1721173)
Uncontrolled Keywords: PKJI,Penerapan sistem satu arah,Lalu lintas
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Ignatius Yoseph Kebesa Raya Kleden
Date Deposited: 14 Oct 2024 05:08
Last Modified: 14 Oct 2024 05:08
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15062

Actions (login required)

View Item View Item