Efendi, Amirul Hamdan Putra (2025) BANDARA TAXI TERBANG DI SURABAYA TEMA HIGH-TECH ARCHITECTURE. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
![]() |
Text
BAGIAN AWAL_AMIRUL HAMDAN P.E.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (16MB) |
![]() |
Text
BAB 1_AMIRUL HAMDAN P.E.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 2_AMIRUL HAMDAN P.E.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3_AMIRUL HAMDAN P.E.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4_AMIRUL HAMDAN P.E.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5_AMIRUL HAMDAN P.E.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 6_AMIRUL HAMDAN P.E.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 7_AMIRUL HAMDAN P.E.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (36MB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_AMIRUL HAMDAN P.E.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_AMIRUL HAMDAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (43MB) | Request a copy |
Abstract
Surabaya merupakan salah satu kota utama pusat ekonomi dan perdagangan di Indonesia, dengan jumlah penduduk yang telah melampaui tiga juta jiwa. Kondisi ini menimbulkan tantangan besar pada sistem transportasi darat, seperti tingkat kemacetan lalu lintas yang tinggi, keterlambatan transportasi publik akibat terjebak macet, serta keterbatasan ruang kota yang semakin padat. Perancangan bandara taksi terbang (E-VTOL) di Surabaya ditujukan sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas sistem transportasi publik. Melalui pemanfaatan teknologi mutakhir dan pendekatan arsitektur High-Tech, rancangan ini diharapkan mampu menghadirkan moda transportasi alternatif yang lebih efisien sekaligus efektif dalam mengatasi permasalahan mobilitas perkotaan. Latar belakang perancangan berangkat dari kondisi transportasi publik Surabaya yang masih dihadapkan pada berbagai hambatan. Kemacetan di titik-titik strategis kota menyebabkan waktu tempuh yang panjang dan mengganggu aktivitas harian masyarakat. Selain itu, keterbatasan jaringan transportasi publik juga mengurangi aksesibilitas, khususnya bagi masyarakat di wilayah pinggiran yang jalannya sempit dan padat. Bandara taksi terbang ini direncanakan menempati lahan seluas satu hektar, dengan perbedaan mendasar dibanding bandara komersial konvensional yang umumnya membutuhkan area luas dan sulit diintegrasikan ke dalam struktur kota padat seperti Surabaya. Kehadiran E-VTOL Airport justru dirancang agar dapat menyatu dengan tata ruang perkotaan, menghadirkan kemudahan akses serta memberikan perspektif baru tentang bandara dan transportasi masa depan. Dalam proses perancangan, digunakan metode force-based approach oleh Plowright, yang memungkinkan analisis komprehensif terhadap faktor teknis, sosial, dan lingkungan. Dengan demikian, desain yang dihasilkan tidak hanya berfungsi sebagai solusi transportasi, tetapi juga mempertimbangkan aspek keberlanjutan dan ramah lingkungan. Tema arsitektur High-Tech dipilih untuk menghasilkan rancangan bangunan yang fungsional sekaligus futuristik. Penerapan material modern serta teknologi canggih diharapkan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik dan mendukung citra Surabaya sebagai kota modern yang siap menjawab tantangan di masa depan. Penempatan bandara taksi terbang juga direncanakan di titik-titik strategis, sehingga dapat menghubungkan berbagai kawasan kota secara cepat, efisien, dan terintegrasi dengan jaringan transportasi publik. Dengan hadirnya infrastruktur ini, masyarakat akan memiliki akses yang lebih mudah terhadap transportasi udara sekaligus mengurangi ketergantungan pada moda darat yang kerap terjebak kemacetan. Hasil perancangan mengusung konsep High-Tech dengan penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI), sistem check-in berbasis pengenalan wajah, serta penyediaan plaza komunal dan ruang hiburan yang dapat mereduksi kepadatan kota. Zonasi ruang dirancang dengan menggabungkan terminal keberangkatan dan kedatangan dalam satu area demi efisiensi. Sistem keamanan memanfaatkan AI dan robot yang juga memberikan pengalaman interaktif bagi pengguna. Terminal dirancang futuristik dengan integrasi lingkungan perkotaan serta ruang komunal yang mendukung interaksi sosial. Identitas arsitektur diperkuat melalui fasad kinetik dengan permainan cahaya LED, menghadirkan kesan dinamis sekaligus inovatif. Secara keseluruhan, implementasi desain ini berpotensi menjadi alternatif rancangan bandara taksi terbang (E-VTOL) di masa depan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Amirul Hamdan Putra Efendi (2122006) |
Uncontrolled Keywords: | e-Vtol, High-Tech Architecture, Surabaya, Vertiport, kemacetan, Technology |
Subjects: | Engineering > Architectural Engineering Institut Teknologi Nasional Malang > Fakultas Teknologi Industri > Architectural Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Arsitektur S1 > Teknik Arsitektur S1(Skripsi) |
Depositing User: | AMIRUL HAMDAN PUTRA EFENDI |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 03:46 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 03:46 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |