Penerapan Metode Finite State Machine (FSM) Dan Pathfinding Pada Game Adventure In The Forest Berbasis Android

Limaheluw, Marchellino (2025) Penerapan Metode Finite State Machine (FSM) Dan Pathfinding Pada Game Adventure In The Forest Berbasis Android. Skripsi thesis, INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (729kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (972kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (153kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal_Penerapan FSM dan Pathfinding pada Game Adventure In The Forest berbasis Android.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (633kB)

Abstract

Game berbasis Android semakin populer karena akses yang mudah dan fleksibilitas tinggi. Namun, sebagian besar game berbasis browser masih terbatas, seperti harus dimainkan secara daring dan kurang memiliki fitur interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang game 2D berjudul Adventure In The Forest yang dapat dimainkan secara luring dengan pengalaman bermain lebih imersif melalui penerapan kecerdasan buatan. Metode Finite State Machine (FSM) digunakan untuk mengatur perilaku musuh, sedangkan algoritma Pathfinding diterapkan untuk navigasi pengejaran pemain. Pengembangan dilakukan menggunakan Godot Engine dengan tahapan studi literatur, perancangan, implementasi, dan pengujian. Evaluasi dilakukan melalui uji fungsional, pengujian perilaku FSM, navigasi musuh dengan pathfinding, kompatibilitas perangkat, serta uji pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musuh mampu bereaksi secara adaptif terhadap pergerakan pemain, semua fitur berjalan stabil, dan mayoritas pengguna memberikan penilaian positif terhadap pengalaman bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Marchellino (1818069)
Uncontrolled Keywords: Android, Finate State Machine, Game 2D, Pathfinding
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: Marchellino Marchellino
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:49
Last Modified: 22 Sep 2025 04:49
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15101

Actions (login required)

View Item View Item