PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH TURAP BERJANGKAR PADA LONGSORAN DI RUAS JALAN NASIONAL KM 37+900, BATURITI, TABANAN, BALI

Deviansyah, Moch. Ardin (2024) PERENCANAAN DINDING PENAHAN TANAH TURAP BERJANGKAR PADA LONGSORAN DI RUAS JALAN NASIONAL KM 37+900, BATURITI, TABANAN, BALI. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
1921026_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
1921026_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (268kB)
[img] Text
1921026_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
1921026_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
1921026_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
1921026_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text
1921026_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (139kB)
[img] Text
1921026_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
1921026_JURNAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Proyek analisis stabilitas lereng di ruas jalan nasional KM 37+900 terletak di kawasan yang kondisi lereng tanahnya tidak stabil. Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan merupakan daerah yang mempunyai tingkat kerawanan cukup tinggi terhadap kejadian bencana tanah longsor. Kelongsoran terjadi akibat besarnya debit air hujan yang tinggi. Ketinggian longsoran di lokasi ini sekitar 6 meter dari permukaan badan jalan. Tahapan ini meliputi analisa dan pengolahan data berdasarkan data – data yang diperlukan serta teori – teori yang mendukung. Sehingga pada tahap penyelesain ini mendapatkan hasil perencanaan dinding penahan tanah yang diingingkan. dilakukan analisa stabilitas lereng menggunakan metode bishop dan perhitungan perencanaan struktur menggunakan metode rankine. Hasil perhitungan dengan menggunakan Software Rocsciense Slide didapatkan safety factor 0,816 < 1,5 dan dengan perhitungan manual didapatkan safety factor 0,967 < 1,5. Maka lereng di nyatakan tidak aman jika tanpa perkuatan dan di perlukannya perkuatan menggunakan turap berangkur. Hasil dari perhitungan kedalaman pemancangan turap D 6,820 m dengan total panjang turap L 12,82 m. Maka didapat modulus penampang sebesar 2577,24 cm3 2700 cm3/m. Sehingga turap baja menggunakan tipe IVw dari brosur PT. ESC Steel Indonesia. Gaya tarik angker didapat sebesar 45,842 kN. sehingga digunakan batang angker yang diambil dari data ASTM//A416 – Grade270 dengan ukuran 0,375 Inch sepanjang 6 m.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moch. Ardin Deviansyah (1921026)
Uncontrolled Keywords: Stabilitas Lereng, Dinding Penahan Tanah, Turap Berangkur.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: MOCH. ARDIN DEVIANSYAH
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:35
Last Modified: 18 Sep 2024 04:35
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15143

Actions (login required)

View Item View Item