ANALISIS KERUSAKAN DAN PERENCANAAN PERBAIKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PROVINCIAL/KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS) BERLOKASI PADA ENAM RUAS JALAN DI DAERAH KABUPATEN PROBOLINGGO PROVINSI JAWA TIMUR

Achmad, Faisal (2024) ANALISIS KERUSAKAN DAN PERENCANAAN PERBAIKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PROVINCIAL/KABUPATEN ROAD MANAGEMENT SYSTEM (PKRMS) BERLOKASI PADA ENAM RUAS JALAN DI DAERAH KABUPATEN PROBOLINGGO PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
Bagian Awal.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (12MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (20MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (753kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu tempat transit yang dilewati Jalur Pantura yang terletak di Provinsi Jawa Timur sebagai penghubung pantai utara Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Berdasarkan data badan pusat statistik kabupaten probolinggo tentang kondisi jalan di kabupaten probolinggo tahun 2023 diketahui panjang keseluruhan ruas jalan kabupaten probolinggo adalah 778,350 km. Jalan dengan kondisi layak sepanjang 600,740 km sedangkan jalan sepanjang 177,61 km kondisi rusak ringan hingga berat. dari data tersebut, diketahui bahwa masih terdapat beberapa jalan di kabupaten probolinggo yang berada pada kondisi rusak. Kondisi ruas jalan yang rusak tersebut lebih tepatnya terjadi pada beberapa ruas jalan diantaranya adalah ruas jalan besuk-glagah, glagah-talkandang, triwungan-gondosuli, gondosuli-pakuniran, pakuniran-pasarsenin, dan jambangan-kecik yang merupakan 6 dari total 212 ruas jalan di kabupaten probolinggo yang ditinjau dari Surat Keputusan Bupati Probolinggo no.954/118/426.32/2024.PKRMS (Provincial and Kabupaten Road Management System) merupakan salah satu metode yang cocok digunakan dalam permasalahan yang telah diuraikan diatas. PKRMS merupakan program yang digunakan untuk membantu proses PPP, yaitu perencanaan, pemrograman, dan penganggaran. Diperlukan data kondisi dan inventarisasi jalan yang ada di Kabupaten untuk mendukung PPP. Dalam pelaksanaan survey dilakukan secara konvensional dengan membutuhkan waktu relatif lama sehingga di gunakan Metode PKRMS yang dapat membantu dan mempermudah dalam pengumpulan data secara efektif dan efisien.Berdasarkan hasil analisa kerusakan jalan Kabupaten Probolinggo menggunakan metode Provincial/Kabupaten Road Management System (PKRMS), didapatkan kondisi 6 ruas jalan 52,8% dalam kondisi mantap dan 47,2% jalan dalam kondisi tidak mantap. Total anggaran yang dibutuhkan untuk penanganan kerusakan jalan pada 6 ruas jalan Kabupaten Probolinggo yang di tinjau adalah sebesar Rp. 46.722.746.514 (Empat Puluh Milyar Tujuh Ratus Dua Puluh Dua Juta Tujuh Ratus Empat Puluh Enam Ribu Lima Ratus Empat Belas Rupiah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FAISAL ACHMAD (1721159)
Uncontrolled Keywords: Provincial/Kabupaten Road Management System (PKRMS), Kondisi Kerusakan, Prakiraan Biaya, Jenis Penanganan.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Faisal Achmad
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:15
Last Modified: 01 Oct 2024 07:15
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15189

Actions (login required)

View Item View Item