YARIS ANDIKA, MOH (2024) Analisa Kinerja Dua Simpang Bersinyal Berdekatan Menggunakan Metode PKJI 2023 DAN SOFTWARE VISSIM 24 (Studi Kasus:Simpang Jalan Veteran Utara Dan Simpang Jalan G. Bawakaraeng Kota MAKASSAR). Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
Abstract
Persimpangan merupakan tempat kendaraan dari berbagai arah bertemu dan merubah arah. Suatu persimpangan yang tidak diatur dengan baik akan menimbulkan masalah seperti kemacetan, sehingga penerapan berbagai metode dalam pengaturan persimpangan sangat diperlukan. Permasalahan yang akan diteliti terjadi pada simpang Jl. G Bawakaraeng. Untuk menilai tingkat pelayanan pada simpang tersebut maka perlu dianalisis kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Untuk mendapatkan data primer maka dilakukan survei selama 3 hari yaitu senin 23 Oktober 2023, rabu 25 Oktober 2023, sabtu 28 Oktober 2023. Analisa kinerja simpang menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023 untuk perhitungan derajat kejenuhan, antrian, dan tundaan. Untuk evaluasi tingkat pelayanan jalan atau kinerja simpang menggunakan Peraturan Menteri Perhubungan No. 96 tahun 2015. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa simpang memerlukan peningkatan kinerja simpang, dapat dilihat dari nilai derajat kejenuhan yang sudah melampaui batas standart yaitu dengan nilai derajat kejenuhan (DJ) = 0,685 dan nilai tundaan sebesar 35,69 dengan tingkat pelayanan D yang sudah melewati syarat minimal tingkat pelayanan untuk jalan arteri primer yaitu seminim-minimalnya B. Untuk solusi permasalahan tersebut maka akan dilakukan perencanaan pemasangan APILL dengan 2 fase. Dari hasil perhitungan perencanaan alternatif dengan APILL didapat hasil derajat kejenuhan tertinggi yaitu 0,635 dimana DJ ≤ 0,85 yang mana tingkat pelayanannya adalah B yang sudah memenuhi tingkat pelayanan untuk jalan arteri primer. Untuk tundaan rata-rata maksimum yaitu 14,79 det/kend, dan panjang antrian maksimun yaitu 28,82. Dari perhitungan alternatif ini didapat waktu siklus pada pagi hari 87 detik. Kata kunci : konflik persimpangan, simpang empat, tingkat pelayanan, tundaan, APILL
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | MOH YARIS ANDIKA (1721144) |
Uncontrolled Keywords: | Konflik persimpangan, Simpang empat, Tundaan APILL |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering |
Divisions: | Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi) |
Depositing User: | MOH YARIS ANDIKA |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 05:38 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 05:38 |
URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15200 |
Actions (login required)
View Item |