Perancangan Sistem Pengereman Regeneratidf Pada Mobil Listrik

Widiantoro, iktinus (2024) Perancangan Sistem Pengereman Regeneratidf Pada Mobil Listrik. Skripsi thesis, ITN MALANG.

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
2012007-BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (56kB)
[img] Text
2012007-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
2012007-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
2012007-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text
2012007-BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text
2012007-REFRENSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (151kB)
[img] Text
2012007-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Inovasi seperti pengereman regeneratif pada kendaraan listrik telah mencoba mengatasi masalah ini dengan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik yang bisa disimpan kembali ke dalam baterai, meningkatkan efisiensi energi secara keseluruhan. Pengereman regeneratif adalah mekanisme yang memungkinkan pemulihan energi saat kendaraan melambat atau berhenti, dengan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik melalui gaya magnet yang diterapkan selama pengereman. Teknologi ini menggunakan prinsip elektromagnetik, di mana motor listrik bekerja sebagai generator saat pengemudi menginjak pedal rem. Energi listrik yang dihasilkan kemudian disalurkan kembali ke baterai atau digunakan langsung di dalam kendaraan. Penggunaan PMDC (Permanent Magnet DC Motor) dalam sistem ini memastikan bahwa energi regeneratif dioptimalkan dengan bantuan rangkaian Boost Converter, yang meningkatkan tegangan input sesuai kebutuhan baterai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata daya yang dihasilkan sebesar 27,02 watt, namun terdapat kekurangan seperti waktu puncak regeneratif yang singkat. Penelitian lanjutan diharapkan dapat menyempurnakan sistem ini dengan menambahkan rangkaian superkapasitor untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan arus selama pengereman regeneratif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ignatius Iktinus Widiantoro (2012007)
Uncontrolled Keywords: Pengereman Regeneratif, Energi Kinetik, Kendaraan Listrik
Subjects: Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro S1 > Teknik Elektro S1(Skripsi)
Depositing User: Ignatius Iktinus Widiantoro
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:19
Last Modified: 02 Oct 2024 07:19
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15225

Actions (login required)

View Item View Item