PENERAPAN ANALISIS MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA PASAR TEMPLEK UNTUK MENGOPTIMALISASI KINERJA RUAS JALAN ANGGREK DI KOTA BLITAR

Ramadhani, Ferry Andika (2024) PENERAPAN ANALISIS MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA PASAR TEMPLEK UNTUK MENGOPTIMALISASI KINERJA RUAS JALAN ANGGREK DI KOTA BLITAR. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
Bagian Awal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (151kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (13kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (60kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (596kB)

Abstract

Jalan Anggrek Kota Blitar merupakan jalan arteri sekunder dengan kawasan perdagangan dan pertokoan. Jalan Anggrek merupakan tipe jalan satu arah. Jalan Anggrek sering mengalami permasalahan lalu lintas seperti kemacetan. Kemacetan pada jalan anggrek terjadi karena aktifitas pasar yang menggunakan badan jalan dan trotoar sehingga mengurangi kapasitas jalan. Pedagang yang berada pada badan jalan membuat fungsi jalan tidak sebagaimana semestinya dimana jalan yang seharusnya digunakan untuk lalu lintas kendaraan menjadi tempat untuk berdagang. Kemacetan sering terjadi pada jam-jam berangkat sekolah dan kerja bersamaan dengan aktifitas perdagangan di pasar templek. Untuk meningkatkan kinerja ruas jalan Anggrek pada Kota Blitar perlu dilakukan analisis sehingga didapat solusi alternatif yaitu dengan manajemen rekayasa lalu lintas untuk mengoptimalkan ruas jalan Anggrek pada area pasar templek. Metode analisis yang digunakan pada studi ini dilakukan berdasarkan PKJI 2023. Solusi alternatif yang dilakukan guna mengoptimalkan ruas jalan Anggrek yaitu dengan merelokasi pedagang, memindahkan parkir bongkar muat, dan pemindahan parkir di badan jalan ( On Street ) ke luar badan jalan ( Off Street). Hasil analisis kinerja ruas jalan Anggrek menggunakan PKJI 2023 didapatkan kapasitas sebesar 1154,23 smp/jam. Derajat kejenuhan tertinggi pada ruas jalan Anggrek yaitu sebesar 0,64. Kecepatan terendah pada ruas jalan Anggrek adalah 11,14 km/jam berdasarkan PM No. 96 Tahun 2015 ruas jalan ini memiliki tingkat pelayanan F. Setelah dilakukan solusi alternatif ruas jalan Anggrek pada area pasar terjadi peningkatan kinerja ruas jalan. Kapasitas jalan bertambah menjadi 3337,85 dan derajat kejenuhan menurun menjadi 0,22. Kecepatan rata-rata pada ruas jalan Anggrek setelah dilakukan optimalisasi adalah 60 km/jam dengan tingkat pelayanan C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ferry Andika Ramadhani (1921111)
Uncontrolled Keywords: Pedagang Pada Badan Jalan, Hambatan Samping, Kinerja Ruas Jalan.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Fakultas teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil S1 > Teknik Sipil S1(Skripsi)
Depositing User: Ferry Andika Ramadhani
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:15
Last Modified: 03 Oct 2024 06:15
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15233

Actions (login required)

View Item View Item