ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN DUPLIKAT JEMBATAN LILIBA DI KOTA KUPANG

PELLOKILA, REYCKHARD (2025) ANALISIS MANAJEMEN RISIKO PADA PEKERJAAN PEMBANGUNAN DUPLIKAT JEMBATAN LILIBA DI KOTA KUPANG. Masters thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.

[img] Text
23121011_COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
23121011_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (30kB)
[img] Text
23121011_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
23121011_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
23121011_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
23121011_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15kB) | Request a copy
[img] Text
23121011_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (64kB)
[img] Text
23121011_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Reyckhard Christian Pellokila, Program Studi Magister Teknik Sipil, Program Pascasarjana, Institut Teknologi Nasional Malang, Agustus 2025, Analasis Manajemen Risiko Pada Pekerjaan Pembangunan Duplikat Jembatan Liliba di Kota Kupang, Tesis, Pembimbing : ( I ) Dr. lr. Nusa Sebayang, MT., ( II ) Dr. Erni Yulianti, ST., MT. Kota Kupang merupakan kotamadya sekaligus ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan pertambahan penduduk yang begitu cepat, meningkatnya aktivitas dan perjalanan yang makin tinggi maka perlu adanya peningkatkan sarana dan prasarana jalan. Pelaksanaan pekerjaan Duplikasi Jembatan Liliba ini menggunakan sumber dana APBN lewat program Impres Jalan Daerah dengan Kontrak kerja senilai Rp 72.413.655.000,-. Pembangunan Duplikasi Jembatan Liliba ini tidak dapat di pungkiri akan menimbulkan berbagai risiko dalam pelaksanaannya, terlebih pembangunan tersebut di laksanakan di jalur aktif perlintasanan pusat kota dengan lalulintas yang sangat padat dan juga banyaknya pennggunaan alat-alat berat atau mesin cannggih. Metode yang akan digunakan pada pengeloaan data dan eksplorasi data awal penelitian ini mneggunaakan Work Breakdown Structure dan selanjutnya ada dua metode yaitu, ISO 31000 dan House of Risk untuk mengindetifikasi risiko, menilai risiko, Memetakan risiko, mengkalsifikasi risiko dan Memitigasi risiko. Berdasarkan hasil identifikasi didapatkan 134 risiko yang dapat terjadi pada pelaksanaan proyek duplikasi Jembatan Liliba. Lalu, setelah dilakukan verifikasi menggunakan kuisoner pertama yang di sebar pada 30 responden didapatkan 84 risiko yang relevan. Dari hasil Analisa di dapatkan 11 agen risiko pada level tertinggi. Kemudian dari 11 agen risiko di hitung nilai ARP dengan menggunakan meotde House Of Risk tahap 1 maka mendapaktan hasil 6 agen risiko yang dominan dengan nilai tertinggi yaitu A10 dengan nilai ARP 279, A11 dengan nilai 252, A8 dengan nilai 225, A9 dengan nilai 144, A6 dengan nilai 130, dan A7 dengan nilai 120. Strategi untuk mitigasi risiko ada tiga mitigasi utama yaitu gunakan alat pelindung diri (APD) yang tepat seperti sarung tangan, sepatu safety, safety helmet, atau safety goggles dan safety belt (PA1), Mengadakan Pelatihan Sesuai Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) (PA2), dan Memastikan perencanaan pengadaan material yang cermat, termasuk jenis, jumlah, dan waktu pengiriman, Melacak pengiriman material untuk memastikan kedatangan tepat waktu dan Menyiapkan tempat penyimpanan material yang cukup luas dan terorganisir (PA3). Kata Kunci : Proyek Konstruksi, Jembatan, Manajemen Resiko. ABSTRAK Reyckhard Christian Pellokila, Master’s Program in Civil Engineering, Postgraduate Program, Institut Teknologi Nasional Malang, August 2025.“Risk Management Analysis in the Construction of the Liliba Bridge Duplication Project in Kupang City.”Tesis. Supervisors: (I) Dr. Ir. Nusa Sebayang, MT., (II) Dr. Erni Yulianti, ST., MT. Kupang City serves as both a municipality and the capital of East Nusa Tenggara Province. The rapid population growth, the intensification of activities, and the increasing frequency of travel necessitate the enhancement of road infrastructure and facilities. The Liliba Bridge Duplication Project is financed by the State Budget (APBN) under the Regional Road Instruction Program, with a contractual value of Rp 72,413,655,000. Inevitably, the implementation of this project entails various risks, particularly because it is carried out along a major urban corridor characterized by high traffic density and the extensive utilization of heavy equipment and advanced machinery. The approach adopted for data management and preliminary data exploration in this study employs the Work Breakdown Structure. Subsequently, two methodologies, ISO 31000 and the House of Risk, are utilized to identify, assess, map, classify, and mitigate risks. The identification process revealed 134 potential risks associated with the implementation of the Liliba Bridge Duplication Project. Following verification through the first questionnaire distributed to 30 respondents, 84 relevant risks were retained. Subsequent analysis identified 11 high-level risk agents. The ARP values of these agents were then calculated using the House of Risk Phase 1 method, resulting in six dominant risk agents with the highest scores: A10 (ARP = 279), A11 (ARP = 252), A8 (ARP = 225), A9 (ARP = 144), A6 (ARP = 130), and A7 (ARP = 120).The risk mitigation strategy comprises three key actions: (PA1) ensuring the use of appropriate personal protective equipment (PPE), such as gloves, safety shoes, safety helmets, safety goggles, and safety belts; (PA2) providing training in accordance with Occupational Safety and Health (OSH) principles; and (PA3) implementing meticulous planning of material procurement—including type, quantity, and delivery schedule—monitoring shipments to ensure timely arrival, and preparing sufficiently spacious and well-organized material storage facilities. Keywords: Construction Project, Bridge, Risk Management.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Construction Project, Bridge, Risk Management.
Subjects: Engineering > Civil Engineering
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknik Sipil S2 > Teknik Sipil S2(Tesis)
Depositing User: REYCKHARD CHRISTIAN PELLOKILA
Date Deposited: 22 Oct 2025 04:04
Last Modified: 22 Oct 2025 04:04
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item View Item