Pradhani, Haninda Ericka (2024) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PASIEN PUSKESMAS DENGAN PENDEKATAN METODE SERVQUAL, BPR, CRM, dan CI. Skripsi thesis, Institut Teknologi Nasional Malang.
|
Text
2013039 Haninda Ericka.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 pasal 1 ayat (1) menjelaskan bahwa fasilitas pelayanan kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat. Diketahui saat ini pemerintah telah mengembangkan berbagai lembaga kesehatan yang banyak ditemui di berbagai daerah. Salah satunya adalah Puskesmas yang merupakan fasilitas pelayanan kesehatan jenjang tingkat pertama. Dalam suatu lembaga kesehatan terutama puskesmas pastinya memperhatikan terkait dengan kepuasan pasien dalam mendapatkan pelayanan yang diberikan. Mutu pada pelayanan memiliki peran penting yang tidak dapat dihindari. Sehingga dalam memilih pelayanan kesehatan pastinya mereka memilih pelayanan yang baik dan memprioritaskan pasiennya. Sesuai dengan pasal 32 ayat (3) UUD 1945 yaitu negara bertanggungjawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak. Apabila suatu pelayanan tidak sesuai dengan standar yang benar (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy) maka akan terjadi ketidakseimbangan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien. Masyarakat akan membandingkan antara pelayanan yang satu dengan yang lainnya yang memiliki pelayanan yang lebih baik. Maka dari itu setiap pasien memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan UUD 1945 pasal 28 H.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Haninda Ericka Pradhani (2013039) |
| Uncontrolled Keywords: | KUALITAS PELAYANAN PASIEN, PUSKESMAS, SERVQUAL, BPR, CRM, CI |
| Subjects: | Engineering > Industrial Engineering |
| Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri S1 > Teknik Industri S1 (Skripsi) |
| Depositing User: | Handoyo Eka |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 02:32 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 02:32 |
| URI: | http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
