PENGEMBANGAN APLIKASI PRESENSI SISWA DENGAN METODE LOCATION BASED SERVICES (LBS) BERBASIS ANDROID DI SMK ISLAM AL-FUTUHIYYAH

Moh, Harifin (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI PRESENSI SISWA DENGAN METODE LOCATION BASED SERVICES (LBS) BERBASIS ANDROID DI SMK ISLAM AL-FUTUHIYYAH. Skripsi thesis, ITN Malang.

[img] Text
2118131_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text
2118131_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (115kB)
[img] Text
2118131_BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (204kB)
[img] Text
2118131_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
2118131_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
211831_BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (79kB)
[img] Text
2118131_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (113kB)
[img] Text
2118131_LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (18MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membawa dampak signifikan di bidang pendidikan, termasuk dalam sistem presensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi presensi siswa berbasis Android dengan menggunakan metode Location Based Services (LBS) di SMK Islam Al-Futuhiyyah. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan perangkat lunak Waterfall, meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan evaluasi. Aplikasi ini menggunakan metode Haversine untuk mengukur jarak antara lokasi siswa dan lokasi sekolah, sehingga memastikan presensi dilakukan di area yang telah ditentukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini berhasil memvalidasi presensi dengan akurasi tinggi, di mana Haversine Formula menghasilkan akurasi presensi hingga 100%. Pengujian Black Box memastikan semua fungsi aplikasi berjalan sesuai spesifikasi, sedangkan pengujian LBS membuktikan keakuratan dalam mendeteksi lokasi siswa. Selain itu, berdasarkan User Acceptance Testing (UAT) yang melibatkan siswa dan guru, aplikasi ini memperoleh skor kepuasan 81,7%. Aplikasi ini juga mempermudah siswa dalam melakukan presensi, sekaligus membantu guru dan operator sekolah dalam memantau dan mengelola data presensi. Implementasi aplikasi ini memberikan solusi efektif dan efisien untuk menggantikan metode presensi manual yang kurang praktis. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan pendidikan di SMK Islam Al-Futuhiyyah dan menjadi referensi bagi pengembangan sistem presensi berbasis teknologi di lembaga pendidikan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Harifin (2118131)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Presensi, Android, Location Based Services, Haversine, Pendidikan.
Subjects: Engineering > Informatics Engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika S1 > Teknik Informatika S1(Skripsi)
Depositing User: MOH. HARIFIN
Date Deposited: 11 Feb 2025 07:08
Last Modified: 11 Feb 2025 07:08
URI: http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item